MODEL CPS MELALUI SAINTIFIC APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6229Keywords:
creative problem solving, saintific approach, kemampuan berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan guna: mengetahui berbedanya kapasitas penalaran kritis peserta didik memakai model pembelajaran berpikir kritis imajinatif melalui saintifik approach dengan model pembelajaran konvensional melalui pembelajaran dalam jaringan berbasis WhatsApp dan Google Classroom. Penelitian ini dipimpin di SMP NEGERI 2 WAGIR pada semester genap tahun 2020/2021. Sampel penelitian adalah 60 siswa dan dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen serta kelas kontrol. Jenis penelitian semacam ini merupakan penelitian semi test plan dengan control bunch plan Pretest-Posttest. Informasi kapasitas penalaran yang menentukan dikumpulkan melalui Pretest dan Posttest. Informasi yang dikumpulkan dipecah menjadi uji-T memakai SPSS 16.0. Hasil pada ulasan ini menunjukkan bahwasanya: Adanya perbedaan dalam kapasitas berpikir kritis murid memakai model pembelajaran berpikir kritis imajinatif melalui metodologi logis dengan model pembelajaran konvensional melalui pembelajaran organisasi berbasis WhatAspp dan Google Classroom. Derajat kepentingan yang didapat adalah 0,000 < 0,05. Nilai normal kemampuan berpikir kritis murid yang memahami cara menggunakan model pembelajaran berpikir kritis inovatif melalui saintifik approach adalah 78,93 serta murid yang memahami cara menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 68,46.
References
Atsnan, M. F., & Rahmita Yuliana Gazali. (2013). Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta(Universitas Negeri Yogyakarta), 978–979
Budiana, Sudana, & Suwatra. (2013). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–25.
Hudha, M. N., Aji, S. D., & Permatasari, A. (2012). AUTHENTHIC PROBLEM BASED LEARNING ( aPBL ). 64–70.
Husnawati, N., & Abidin, Z. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KOPANG Dosen Program Studi Pendidikan Matematika , FPMIPA IKIP Mataram. Jurnal Media Pendidikan Matematika “J-MPM,†3(1), 1–7.
Hudha, M.N., Yuliati, L. & S. (2016). Perubahan Konseptual Fisika dengan Authentic Problem melalui Integrative Learning pada Topik Gerak Lurus pada SMA Suryabuana Malang. 733–743.
Kartika Irawati, R. (2014). Pengaruh Model Problem Solving dan Problem Posing serta Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 184–192. https://doi.org/10.17977/jps.v2i4.4534
Sukroyanti, B. A., & Sufianti, I. (2017). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Lensa : Jurnal Kependidikan Fisika, 5(2), 36. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v5i2.136
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif , dan R &
D. Bandung : Afabeta.
Utami. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Sinkronus dengan Zoom Meeting Berbantuan Kahoot Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Negara. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Usmeldi, U. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/1.02101
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.
Zunanda, M., & Sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 63. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.257
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi