Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Virtual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v4i3.7488Keywords:
problem based learning, virtual, kemampuan pemecahan masalahAbstract
Penelitian yang diadakan di kelas 8A SMPN 2 Wagir mempunyai tujuan mengetahui mutu atau kualitas keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning secara Virtual dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA Fisika siswa kelas 8 di SMPN 2 Wagir serta mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah model pembelajaran Problem Based Learning Virtual diterapkan di kelas 8 SMPN 2 Wagir. Penelitian yang diadakan di kelas 8A SMPN 2 Wagir melibatkan dari 32 orang peserta didik. Hasil penelitian memperlihatkan rata-rata keterlaksanaan kegiatan pembelajaran pada tahapan pendahuluan yang ditemukan pada siklus I sebesar 68,75%. Sementara itu siklus II ditahap pendahuluan memperlihatkan rata-rata sejumlah 81,25%. Pada kegiatan inti perolehan rata-rata presentase yang ada pada siklus I sejumlah 75%. Kemudian pada siklus II perolehan nilai presentase rata-rata pada tahap inti dengan nilai 87,5%. Sedangkan pada tahap penutup rata-rata presentase keterlaksanaan pembelajaran di siklus I yang didapatkan dengan nilai rata-rata 75%. Sementara siklus II memperlihatkan perolehan rata-rata yang presentase dengan nilai rata-rata 87,5%. Penambahan atau peningkatan presentase keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II ini memperlihatkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Virtual tergolong pada kategori amat baik. Perolehan nilai ata-ratadi siklus I dengan nilai presentase 78,75% dari 32 siswa. Hasil perolehan nilai rata-rata berdasarkan observasi awal atau prasiklus yakni 68,90%. Perolehan nilai rata-rata pada dengan nilai presentase dengan besar 81,09%. Oleh karena itu dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning Virtual ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
References
Almas, A. F. (2018). Sumbangan Paradigma Thomas S. Kuhn dalam Ilmu dan Pendidikan (Penerapan Metode Problem Based Learning dan Discovery Learning). At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 3(1), 89. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i1.1147
Elfira maharani, R. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA N 9 MEDAN T. P 2017/ 2018 Elfrida.
Febrianty, H., Monika, T., Fisika, P. P., Uhkbpnp, F., No, J. S., Suhu, S., Tim, K. S., Siantar, P., Utara, S., Matematika, P. P., Uhkbpnp, F., Sangnawaluh, J., Suhu, S., & Siantar, K. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Uhkbpnp Pada Matakuliah Fisika Umum. 84–88.
Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 129. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.303
Lia Yuanita. (2017). EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR Lia Yunita 1) 1). 1–8.
Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29213
Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592
Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA KELAS VIII SMP. MaPan, 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12
Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3977
Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi StEM di Era Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 4(2), 193. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.17859
Rahmad, M., Irianti, M., & Riau, U. (2015). The application of problem based learning to improve ability of problem solving physics in xi ipa class at sma n 2 teluk kuantan. Jom-Unri, 2(1), 1–15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/6275
Rerung Nensy, dkk. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI USAHA DAN ENERG. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi