Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Self Regulated Learning Siswa Kelas VII Smp PGRI 06 Malang

Authors

  • Rogasianus Subangweu Open Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Akhmad Jufriadi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Chandra Sundaygara Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v5i2.8549

Keywords:

problem based learnng, prestasi belajar, self regulated learning

Abstract

Problem Based Learning atau disebut model pembelajaran perbasis masalah memberikan kesempatan pada para murid untuk bekerja sama dalam pemecahan masalah kontekstual. Tujuan dilakukan penelitian ialah agar mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar fisika dan interaksi penerapan model pembelajaran problem based learning dan self regulated learning terhadap prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Selanjutnya methode yang dipakai yakni quasi experiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group design. Peneliti memakai 2 kelas yaitu, kelas ekperimen dan kelas kontrol yang dilakukan pada semester genap. Subyek penelitian yakni siswa-siswi kelas VII A dan VII D SMP PGRI 06 Malang dengan jumlah masing-masing kelas 23 orang. Berdasarkan hasil uji statistik model pembelajaran terhadap prestasi mendapatkan nilai sig.0,000 < 0,05, sedangkan self regulated learning mendapat nilai sig. 0,000< 0,05, hasil uji statistik interaksi model pembelajaran problem based learning dengan self regulated learning diperoleh nilai sig 0,105> 0,05. Hasilnya, temuan penelitian tersebut membawa peneliti pada kesimpulan bahwa siswa-siswi yang belajar fisika dengan memakai model pembelajaran berbasis masalah berprestasi lebih baik daripada siswa-siswi yang belajar fisika dengan memakai model konvensional. Selain itu, siswa-siswi dengan self regulated learning yang tingi tampil lebih baik daripada siswa-siswi dengan self regulated learning rendah, dan tidak ada kaitannya dengan pemanfaatan model pembelajaran problem based learning dengan self regulated learning terhadap prestasi belajar IPA.

References

Astuti, Siwi Puji. 2015.Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika.Jurnal Formatif, 5 (1): 68-75

Azizah, Nurul., Indrawati dan Alex Harijanto. 2014. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasilbelajar Fisika Siswa Kelas X.C di Man 2 Jember Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika, 3 (3): 235-241.

Dokumentasi arsip SMP PGRI 06 Malang Tahun Ajaran 2019/2020

Fauzan, Maaruf., Abdul Gani dan Muhammad Syukri. 2017. Penerapan Model PBL padaPembelajaran Materi Sistem Tata Surya UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5 (1): 27-35.

Firmansyah, A., Kosim, dan Ayub, S. 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen pada Materi Cahaya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Gunungsari Tahun Ajaran 2014/2015.Jurnal Pendidikan Fisika danTeknologi, 1(3):154-159.

Neizhela, A.dan Mosik . 2015. Meningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Metode Think Pair Share Materi Kalor Pada Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 4 (1): 36-42.

Sastrawati, E., Rusdi, M., dan Syamsurizal. 2011. PBL, Strategi Metakognisi, dan Ketrampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Tekno-Pedagogi, 1(2): 1-14.

Sari, Septianamanda., Indrawati dan Rif’ati Dina Handayani. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran PBL (PBL)Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswadalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (2): 103-108.

Sugiyana. 2015. Pengaruh Self-Regulated Learning, Self-Efficacy dan Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Psikopedagogia, 4 (1): 63-72.

Susilo, A.B., Wiyanti, dan Supartono. 2012. Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berfikir Kritis Siswa SMP. Unnes Science EducationJournal, 1(1):12-20.

Zimmerman, B. J. 2006. Development and adaptation of expertise: The role of self-regulatory processes and beliefs. In K. A. Ericsson, N. Charness, P. J. Feltovich & R. R. Hoffman (Eds.), The Cambridge handbook of expertise and expert performance. New York, NY: Cambridge University Press.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Open, R. S., Jufriadi, A., & Sundaygara, C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Self Regulated Learning Siswa Kelas VII Smp PGRI 06 Malang. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 5(2), 103–111. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i2.8549

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>