Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen E – Modul Berbasis Microlearning Dengan Strategi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Penyandang Tuna Rungu
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v6i1.9839Keywords:
Instrumen E – Modul, Reliabilitas, Uji ValiditasAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji validitas dan reliabilitas E – Modul berbasis Microlearning berbasis Project Based Learing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa penyandang tuna rungu. Tuna rungu merupakan kondisi dimana hilangnya atau berkurangnya kemampuan mendengar. Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan cara survei analitik, yaitu menggunakan kuesioner sebagai alat utama untuk mengumpulkan data dan dibantu dengan produk yang dikembangkan yaitu E – Modul berbasis Microlearning berbasis Project Based Learing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa penyandang tuna rungu. Kuesioner ini nantinya akan disebarkan siswa SMPLB Bhakti Luhur yang menyandang tuna rungu dari tingkatan ringan sampai berat. Uji validitas dilakukan dengan metode Pearson correlation (nilai korelasi ≥ 0,3) sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik Internal consistency (Cronbach alpha coefficient ≥ 0,7). Berdasarkan hasil uji kevalidan dan reliabilitas, instrumen E – Modul berbasis Microlearning didapatkan bahwa instrumen yang digunakan dinyatakan valid dan reliabilitas sehingga dapat digunakan dalam penelitian.
References
Aditya, A., & Susanto, D. W. S. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bagi Siswa Penyandang Tuna Rungu Berbasis Android. Techno.Com, 20(4), 540–551. https://doi.org/10.33633/tc.v20i4.5216
Basilotta Gómez-Pablos, V., MartÃn del Pozo, M., & GarcÃa-Valcárcel Muñoz-Repiso, A. (2017). Project-based learning (PBL) through the incorporation of digital technologies: An evaluation based on the experience of serving teachers. Computers in Human Behavior, 68, 501. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.056
Baso Kaswar, A., Fatmah Hiola, S., Dwi Putri Putri Ulan Sari Patongai, D., & Bilogi, P. (2023). Pendampingan Pengembangan E-Modul berbasis Microlearning bagi Guru SMA Negeri 9 Makassar. In ININNAWA: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 01, Issue 01). https://journal.unm.ac.id/index.php/Ininnawa
Chrysti Suryandari, K., Budi Rahardjo, S., Kun Prasetyo, Z., & Fatimah, S. (2018). Project-Based Science Learning And Pre-Service Teachers’ Science Literacy Skill And Creative Thinking. Cakrawala Pendidikan, 37(03).
Ferdiani, R. D., Farida, N., & Murniasih, T. R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Melalui Soal Open Ended Pada Materi Bangun Tabung. MUST: Journal of Mathematics Education, 4(1).
Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2024). Honey and Mumford learning style: creative thinking process in solving statistical problems. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(1), 496–502. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i1.25347
Ferdiani, R. D., & Pranyata, Y. (2022). E – Modul Berbasis STEM PjBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Selama Pandemi Covid -19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1875. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5141
Im, H., Hokanson, B., & Johnson, K. K. P. (2015). Teaching Creative Thinking Skills: A Longitudinal Study. Clothing and Textiles Research Journal, 33(2), 129–142. https://doi.org/10.1177/0887302X15569010
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103
Puspasari, H., Puspita, W. (202). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19 Validity Test and Reliability Instrument Research Level Knowledge and Attitude of Students Towards Elections Health Supplements in Facing Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1). Online. http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK
Rosita Dwi Ferdiani. (2022). Assessment Instruments of STEM Project-Based Learning on Statistical Materials. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 5(2), 356–368. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i2.50014
Rosita, E., Hidayat, W., Yuliani, W., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. Fokus, 4(4).
Sawyer, R. K. (2022). Teaching creative thinking: how design professors externalize their creative thinking in studio classroom talk. Mind, Culture, and Activity, 29(1), 21–42. https://doi.org/10.1080/10749039.2021.1893337
Sri, A., Syam, M., & Sarea, M. S. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Modul Berbasis Microlearning sebagai Suplemen Pembelajaran Prodi PIAUD. Jurnal Usia Dini (Vol. 9, Issue 2).
Å vecová, V., Rumanová, L., & PavloviÄová, G. (2014). Support of Pupil’s Creative Thinking in Mathematical Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 1715–1719. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.461
Ulfah, U., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2017). Students’ Mathematical Creative Thinking through Problem Posing Learning. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012097
Zettersten, A. (2011). Tolkien’s Double Worlds and Creative Process: Language and Life. Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1057/9780230118409
Zhafirah, T., Erna, M., & Rery, R. U. (2020). Development Of E-Module Based On Problem Based Learning (Pbl) In Hydrocarbon Material. Al – Ishlah : Jurnal Pendidikan, 12(2). https://doi.org/10.35445/alishlah.v12.i2.263
Zuhdi Alwan, A., Djuniadi, Manikowati. (2020). Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Rungu. Joined Journal, 3(1).
Susilo, A.D., Ferdiani, RD., & Retno Murniasih. (2018). Peningkatan Berpikir Kreatif Mahasiswa Melalui Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Media Manipulatif. JPM UIN Antasari (Vol. 05, Issue 2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi