SIMULASI ALAT PEMBERSIH PELEPAH DAUN TEBU KERING UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERTUMBUHAN TANAMAN TEBU

Ita Purnawati, Alexius Endy Budianto, Wahyudi Harianto

Abstract

Terlepas dari berlimpahnya  hasil panen tebu  petani juga memiliki kendala yaitu  dalam membersihkan pelepah daun tebu kering yang dapat mempengaruhi produktivitas tanaman tebu,selama ini para petani masih menggunakan tenaga manual(manusia) dalam membersihkan pelepah daun tebu kering tersebut. Petani juga mengeluh dalam memperkerjakan tenaga manual(manusia) karena biaya nya sangat lah mahal, jika permasalahan ini di biarkan terus-menerus maka mengurangi banyak pendapatan hasil panen tebu mereka.


            Melihat permsalahan ini , penulis meemiliki inovasi untuk membantu para petani dalam menangani permasalahan tersebut yatu dengan membuat sebuah simulasi alat pembersih pelepah daun tebu kering untuk meningkatkan produktivitas tanaman tebu yang bisa di terapkan langsung ke alat nya dan mempermudah dalam pemahaman fungsi alat. Sehingga para petani dapat terbantu dalam menangani membersihkan pelepah daun tebu kering yang selama ini jadi permasalahan.

Authors

Ita Purnawati
itapurnawati18@gmail.com (Primary Contact)
Alexius Endy Budianto
Wahyudi Harianto
Purnawati, I., Budianto, A. E., & Harianto, W. (2019). SIMULASI ALAT PEMBERSIH PELEPAH DAUN TEBU KERING UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERTUMBUHAN TANAMAN TEBU. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 14–19. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3065

Article Details

Most read articles by the same author(s)