PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERORIENTASI KONSEP TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERORIENTASI KONSEP TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS

Authors

  • I Komang Muliantara

DOI:

https://doi.org/10.21067/jibs.v2i9.7998

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes in class IV. This research is a classroom action research. Based on the results of initial observations, student learning outcomes are still low. This study uses the Tri Hita Karana oriented Creative Problem Solving learning model. This research was conducted at SD Negeri 4 Bebetin in class IV students with a total of 26 students, consisting of 9 male students and 17 female students. Based on the research results, there was an increase in class average scores and the percentage of student learning completeness from cycle I to cycle II. In cycle I, the average value was 72.12. The percentage of learning completeness of 72.12% is in the criteria of sufficient completion. The average value in cycle II increased to 80.19. The percentage of learning completeness reached 80.19% in the complete criteria. The results in cycle II have met the research success indicators that have been set at ≥ 75%. This it can be said that the application of the Tri Hita Karana-oriented Creative Problem Solving learning model can improve the science learning outcomes of class IV students at SD Negeri 4 Bebetin semester I of the 2022/2023 academic year.

References

Agung, A. A. Gede. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha Singaraja.

Darsana, I Made. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sawan Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (tidak diterbitkan). Singaraja: SD Negeri 2 Sawan.

Dimyati, Moh dan Moedjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Depdikbud (tidak diterbitkan).

Fitri, Amalia dkk. (2021). Buku Panduan Guru dan Siswa Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 4. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Ika, Permana Ni Made. 2018. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Galungan Semester I Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: STAHN Mpu Kuturan.

Kemdikbud. 2022. Kurikulum Merdeka. Tersedia pada: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Tentang-Kurikulum-Merdeka. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2022.

Kemdikbudristek. 2022. Keputusan Kepala BSKAP No.033/H/KR/2022 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

----------. 2022. Kepmendikbudristek RI Nomor 56/m/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta.

Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Dosyakarya.

Rahayu. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Sisidiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 (UU RI N0. 20 Th. 2003). Jakarta: Sinar Grafika.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suryabrata, Sumadi. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Swawikanti, Kenya. 2022. Kurikulum Merdeka. Tersedia pada: https://www.ruangguru.com/blog/kurikulum-merdeka. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2022.

Tia, Falia Jum’at. 2014. Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) dikolaborasikan dengan Model Cooperative Tipe Team Game Turnament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Skripsi (tidak diterbitkan). Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Undiksha. 2009. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Singaraja: Undiksha Singaraja.

Yamin, Martinis. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Ciputat: Referensi.

Yuliati, Yuyu. 2019. Penerapan Model Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Volume 5 Nomor 1 Edisi Januari 2019. Majalengka: Universitas Majalengka.

Published

2023-01-01

How to Cite

I Komang Muliantara. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERORIENTASI KONSEP TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS. JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA, 9(2), 82–94. https://doi.org/10.21067/jibs.v2i9.7998
Loading...