LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Yulia Leha.Mc, Retno Marsitin, Trija Fayeldi

Abstract

Salah satu bahan ajar yang digunakan sebagai panduan dalam melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis inkuiri terbimbing berbantuan media manipulatif pada materi bangun datar dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Mukok Kalimantan Barat. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan angket. LKPD divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil 9 peserta didik kelas VIIB dan kelompok besar 20 peserta didik kelas VIIA. Hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran dinyatakan valid. Hasil angket respon uji coba kelompok kecil dan kelompok besar masing-masing diperoleh skor 3,64 dan 3,68 dengan kriteria sangat layak. Keefektifan LKPD masing-masing diperoleh persentase ketuntasan sebesar 78% dengan kriteria baik dan 90% dengan kriteria sangat baik. Hasil tes diperoleh total persentase ketuntasan sebesar 84% dengan kategori sangat baik. Sehingga, disimpulkan LKPD ini valid, layak dan efektif diterapkan pada materi bangun datar. Saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat mengimplementasikan LKPD dengan bantuan berbagai media pembelajaran matematika.

References

Damayanti, D. S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012 /2013. RADIASI, 3(1), 58–62.

Fannie, R. D., & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1), 96–109.

Indraningtias, D. A., & Wijaya, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 6(5), 24–36.

Indriani, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 165–180.

Iskandar, D. (2018). Pembelajaran Memproduksi Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Metode
Problem Based Learning. Semantik, 7(1), 90–98.

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematic Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Antasari, 01(2), 73–94.

Nurwani. (2017). Pengembangan Desain Dikdaktis Bahan Ajar Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 193–206.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25.

Riana, R. (2013). Penggunaan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SIswa Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(11), 1–11.

Rokhman, K. N. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Segitiga Dan Segi Empat Dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 5(7).

Authors

Yulia Leha.Mc
yulialeha22@gmail.com (Primary Contact)
Retno Marsitin
Trija Fayeldi
Leha.Mc, Y., Marsitin, R., & Fayeldi, T. (2019). LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3), 84–91. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3557

Article Details