RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING AKADEMIS SISWA BERBASIS ANDROID DI SD NEGERI 1 TLOGOSARI KECAMATAN TIRTOYUDO KABUPATEN MALANG

Jovi Ryan Yuangga, Rini Agustina

Abstract

Pemanfaatan teknologi di SDN 1 Tlogosari dapat dikatakan masih tertinggal, informasi akademis siswa yang diterima oleh walimurid masih terbatas. Terutama bagi walimurid dengan tingkat kesibukan tinggi, sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memudahkan para walimurid untuk mengakses informasi akademis siswa darimanapun dan kapanpun. Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah sistem monitoring yang berfungsi memberikan laporan nilai beserta absensi siswa melalui perangkat android, setelah itu melakukan uji coba aplikasi dengan tujuan mengetahui apakah aplikasi tersebut sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan user. Penelitian ini menggunakan metode waterfall, pada sisi perancangan Sistem Monitoring Akademis ini menggunakan Unified Modelling Language (UML), kemudian untuk pembuatan web server tool yang digunakan adalah PHP dan CSS, sedangkan sisi client pembuatannya menggunakan Android Studio. Setelah aplikasi selesai dibuat peneliti melakukan User Acceptance Test (UAT) untuk menguji kelayakan sistem, dan hasil yang didapatkan dari angket yang diisi oleh 41 responden adalah 81%, hal ini menunjukan bahwa Sistem Monitoring Akademis sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan user.

References

A.S, Rosa, and M. Shalahuddin. 2015. “Pemodelan Dan UML.” In Rekayasa Perangkat Lunak,.

Agustina, Rini, and Dodit Suprianto. 2018. “Analisis Hasil Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Aljabar Logika Dengan User Acceptance Test (UAT).” Smatika Jurnal 8(02): 67–73.

Fernanda Yuwanda. 2016. “Black Box Testing | Pengujian Perangkat Lunak.” 14 April.

Kuswanto, Joko, and Ferri Radiansah. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI.” An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab.
Neforawati, Indri, Muhammad Irdam Fareza, and Vida Juniarti. 2015. “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Absensi Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta Menggunakan Teknologi NFC Pada Android.” Politeknologi.

Nuraeni, Fitri, and Inna Risdiani. 2016. “Perancangan Media Informasi Akademik Siswa Berbasis Android.” Jurnal VOI (Voice Of Informatics) 5(1).

Mustaqim, I., Azhar, M., #2, I., Srimurdianti, A., #3, S., Profesor, J., Nawawi, D. H. H., Laut, B., Tenggara, P., Pontianak, K., & Barat, K. (2018). JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Aplikasi Media Pembelajaran Biologi Sistem Saraf Pusat Menggunakan Augmented Reality. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika).

Pressman. 2015. “Library Binus.” Software Engineering.

Shalahuddin, Sukamto. 2014. “Metode Pengembangan Perangkat Lunak.” Waterfall.

Siddik, Mohd, and Akmal Nasution. 2018. “PERANCANGAN APLIKASI PUSH NOTIFICATION BERBASIS ANDROID.” JURTEKSI.

Authors

Jovi Ryan Yuangga
jovimong@gmail.com (Primary Contact)
Rini Agustina
Yuangga, J. R., & Agustina, R. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING AKADEMIS SISWA BERBASIS ANDROID DI SD NEGERI 1 TLOGOSARI KECAMATAN TIRTOYUDO KABUPATEN MALANG. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(1), 34–41. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i1.4160

Article Details