Pengembangan Sistem Koreksi Jawaban Esai Otomatis Menggunakan Naive Bayes dan Pengujian Menggunakan User Acceptance Test (UAT)

Ulva Dwi Mariyani, Wiji Setiyaningsih, Rini Agustina

Abstract

SMK Muhammadiyah 2 Pagak merupakan sekolah yang selalu mengadakan ujian sebagai evaluasi belajar. Tugas guru saat ujian adalah membuat soal, kunci jawaban, serta melakukan penilaian. Banyaknya mapel dan siswa yang diajar menyebabkan guru mengalami kendala pengoreksian soal esai. Dibutuhkan admin untuk membantu mencetak jawaban, dan guru mengoreksi manual dengan waktu 7-10 menit (5-10 soal) untuk 1 siswa dalam 1 mapel. Proses tersebut kurang efektif serta sering terjadi kesalahan penilaian. Siswa juga harus menunggu penilaian dengan waktu lama, dan tidak dapat mengetahui jawaban yang benar serta skor setiap soal. Dari permasalahan tersebut dibuatlah sistem yang membantu koreksi ujian esai menggunakan sistem koreksi otomatis dengan Naïve Bayes dan model pengembangan Rapid Application Development (RAD), serta menghasilkan sistem yang membantu guru dalam pengoreksian esai agar lebih efektif, membantu admin agar tidak mencetak jawaban, dan mempermudah siswa melihat jawaban yang benar setelah ujian. Hasil pengukuran kelayakan yang dilakukan menggunakan User Acceptance Test (UAT) diperoleh persentase rata-rata pada admin 97.22%, pada guru 90.48%, dan pada siswa 86.21%. Hasil pengujian independent sample T-test menghasilkan sig > 0.05 dengan hasil 0.716 > 0.05, dapat dinyatakan tidak ada perbedaan signifikan antara penilaian manual dan otomatis. Hal ini menunjukkan sistem koreksi otomatis jawaban esai telah sesuai perancangan yang dibuat.

Authors

Ulva Dwi Mariyani
ulvadwimariyani@gmail.com (Primary Contact)
Wiji Setiyaningsih
Rini Agustina
Mariyani, U. D., Setiyaningsih, W., & Agustina, R. . (2022). Pengembangan Sistem Koreksi Jawaban Esai Otomatis Menggunakan Naive Bayes dan Pengujian Menggunakan User Acceptance Test (UAT). RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 4(1), 61–73. https://doi.org/10.21067/jtst.v4i1.6857

Article Details

Most read articles by the same author(s)