Rancang Bangun Game Edukasi Latihan Soal USBN untuk Sekolah Dasar berbasis Android dengan Metode GDLC menggunakan RPG Maker MV

Mohammad Faisal Amri, Rini Agustina

Abstract

Siswa-siswi kelas 6 di MI Miftahul Ulum yang melaksanankan bimbingan belajar yang dilakukan setelah bel pulang berbunyi sampai jam 13.00 WIB. Dalam pelaksanaannya sendiri tidak selalu berjalan dengan lancar adanya beberapa siswa mengalami penurunan motivasi belajar karena merasa kelelahan karena jam istirahat berkurang. Menurut wali kelas 6 MI Miftahul Ulum jam tambahan yang panjang serta mengulas banyak soal latihan membuat siswa menjadi kurang antusias belajar. membuat media pembelajaran dengan menggunakan game edukasi yang dinilai lebih interaktif. Dalam pembuatan media pembelajaran peneliti menggunakan metode GDLC (Game Development Live Cycle) versi Heather Chandler yang memiliki metode pengembangan game yang memiliki tahapan-tahapan untuk menganalisa dan membangun game dengan siklus yang spesifik dan detail yang terdiri dari beberapa langkah dari tahap inisiasi, pra produksi, produksi, alpha testing, beta testing, dan peluncuran. Maka dari nilai UAT (User Acceptance Test) didapat nilai rata-rata dari semua aspek  sebanyak 93% yang merasa hasil belajarnya dapat terbantu dengan adanya media pembelajaran berupa game berbasis android.


 

References

Latif, Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. IAIN Bone.
Rahim, Erik Anisa. (2018). Penguatan Mental Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Pendidikan Agama Islam. IAIN Tulungagung.
Hikmah, dkk. (2020). Tryout Persiapan Ujian Nasional Bagi Siswa-Siswi Kelas IX MTS Guppi Majene. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Universitas Sulawesi Barat.
Mustofa, Putra, Jordy Lasmana, dan Kesuma, Chandra. (2021). Penerapan Game Development Life Cycle Untuk Video Game Dengan Model Role Playing Game. Jurnal Computer Science. Universitas Nusa Mandiri.
Sakti, Rachmat Tri dan Fadilah, Umi. (2018). Game Edukasi Pengenalan Tumbuhan Hijau Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Faiseh, Imroatul, Purwanto, Hari Lugis dan Agustina, Rini. (2020). Rancang Bangun Pengembangan Sistem Klasifikasi Berita Nasional Menggunakan Metode Naive Bayes di Radar Malang. Jurnal Terapan Sains dan Teknologi. Universitas Kanjuruhan Malang.
Hady, Luthfiyyah Elok, dkk. (2020). User Acceptance Testing (UAT) pada Purwarupa Sistem Tabungan Santri (Studi Kasus: Podok Pesantren Al-Mawaddah). Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi. Universitas Islam Indonesia.

Authors

Mohammad Faisal Amri
mfaishal.amri@gmail.com (Primary Contact)
Rini Agustina
Amri, M. F., & Agustina, R. . (2023). Rancang Bangun Game Edukasi Latihan Soal USBN untuk Sekolah Dasar berbasis Android dengan Metode GDLC menggunakan RPG Maker MV. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(1), 67–75. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i1.5950

Article Details