APLIKASI MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Dedi Putra Widi, Rini Agustina

Abstract

Perkembangan media dalam pembelajaran dapat membentuk suatu rancangan untuk membuat aplikasi pembelajaran bagi siswa dan memudahkan siswa untuk membantu proses pembelajaran yang ada di sekolah. Konsep ini yang digunakan sekolah untuk meningkatkan potensi belajar bagi siswa dan meningkatkan pengetahuan siswa, dengan konsep pembelajaran jarah jauh yaitu siswa bisa belajar dimanapun dan kapanpun.Sebagai salah satu pendidikan sekolah menengah keatas MAN 1 Malang di kabupaten malang, merupakan salah satu madrasah aliyah negeri yang mengutamakan peserta didiknya untuk mendalami ilmu agama diantaranya yaitu mata pelajaran (SKI). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat membantu siswa dalam proses belajar dan pada hasil User Acceptence Test (UAT) dengan rata-rata 80,15%.

References

Arif, Muhammad Budi. 2016. “Model Pembelajaran ICT Literacy M-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTs. Brawijaya Mojokerto.

Gautama, Idris and Fajar Kurniawan. 2015. “Perancangan E-Learning Berbasis Internet Pada Sekolah Smk Negeri 13 Jakarta.” 1(2):394–406.

Pressman. 2015. “Software Engineering A Practitiooner’s Approach.”

Tsvetozar, et al. 2011. “Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Telah Banyak Dilakukan. Beberapa Penelitian Yang Telah Dikakukan, Antara Lain Seperti Yang Dilaksanakan Oleh Salameh Osama Yang Merancang Sebuah Sistem.” 8–20.

Handayani, Ardian.2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto.

Hikam, M. 2018. Analisis dan Pengembangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Berbasis WEB di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Jogiyanto. 2005. Analisis Dan Desain Sistem Informasi. jogiyanto. yogyakarta: Andi.

Matlubah, Helliyatul. 2016. “Aplikasi Mobile Learning Berbasis Smartphone Android Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Wirajaya Sumenep.” 6(November):

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Skolah/Madrasah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online), (http://dikdasmen.kemdikbud.go.id/), diakses 28 Oktober 2019.

Authors

Dedi Putra Widi
bramasto1234@gmail.com (Primary Contact)
Rini Agustina
Dedi Putra Widi, & Rini Agustina. (2020). APLIKASI MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(4), 287–293. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i4.4176

Article Details