SISTEM INFORMASI PELAPORAN KOMPLAIN DAN MONITORING PERBAIKAN SARANA DAN PRASARANA BERBASIS ANDROID

Zainul Anwar, Hari Lugis Purwanto, Rini Agustina

Abstract

Prosedur pelaporan komplain secara lisan dan telepon terkadang menyebabkan kepala bagian atau staff unit perlengkapan Universitas Kanjuruhan Malang lupa akan komplain yang sudah dilaporkan, karena banyaknya laporan komplain yang berasal dari beberapa unit yang berbeda. Selain itu apabila pelapor tidak bertemu teknisi pada saat proses penanganan perbaikan dilakukan menyebabkan pelapor tidak mengetahui informasi penanganan perbaikan. Dari permasalahan tersebut diperlukan sebuah sistem yang diharapkan dapat membantu unit perlengkapan dalam proses penanganan komplain dan membantu staff unit untuk mengetahui informasi penanganan perbaikan. Proses perancangan dan pembangunan sistem ini menggunakan metodologi SDLC (Software Development Life Cycle) yaitu Waterfall Model. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan UAT (User Acceptance Test) untuk menguji kelayakan sistem mendapatkan hasil 86% dari 11 responden yang menyatakan setuju jika sistem digunakan pada Universitas Kanjuruhan Malang.

References

Ade Hendini. 2016. “Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus : Distro Zhezha Pontianak)”. Jurnal Khatulistiwa Informatika. 4. 107-116.
Dwanoko, Y. S. 2016. Implementasi Software Development Life Cycle ( Sdlc ) Dalam Penerapan Pembangunan Aplikasi Perangkat. Jurnal Teknologi Informasi, 7(2), 83–94.
Pressman, R.S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi
Tabrani, M., & Aghniya, I. R. 2019. Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam KOPERASI SUBUR JAYA MANDIRI SUBANG. Jurnal Interkom, 14(1), 44–53.
Wahyuningsih, Y. 2017. Pengembangan Aplikasi Test Online dengan Menggunakan Framework CodeIgniter di SMK Darul Ma’wa Plumpang pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X. It-Edu, 2(02), 36–46.

Authors

Zainul Anwar
zainulanwar244@gmail.com (Primary Contact)
Hari Lugis Purwanto
Rini Agustina
Anwar, Z., Hari Lugis Purwanto, & Rini Agustina. (2020). SISTEM INFORMASI PELAPORAN KOMPLAIN DAN MONITORING PERBAIKAN SARANA DAN PRASARANA BERBASIS ANDROID. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(4), 294–302. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i4.4780

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>