SISTEM UJIAN ONLINE MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DI SMK NH MULTIMEDIA PONCOKUSUMO MALANG

Wahyu Nikartiningsih, Rini Agustina

Abstract

Abstrak. Sistem Ujian Online merupakan sebuah aplikasi sistem ujian atau tes yang dibangun berbasis web sebagai interface-nya. Sulitnya  guru mengetahui kekurangan pelajaran yang akan di ujikan pada setiap siswanya karena jumlah yang terlalu banyak, ujian online sangat di butuhkan karena akan mengatasi keterbatasan waktu antara pendidik dan peserta didik. Terutama untuk menentukan kekurangan pelajaran yang akan di ujikan pada peserta didik. Pada pengembangan sistem, metode yang akan digunakan adalah metode Waterfall dengan langkah-langkah Analisis sitem, Desain sitem dan Implementasi. Analisis sistem menggunakan CD, DFD, DCM, PDM, dan Flowchart. Implementasi dalam penelitian ini adalah coding dan Pengujian Sistem. Penelitian dilakukan di SMK NH Multimedia Poncokusumo dengan sample penelitian Saifudin, Lilik, dan Dita. Menggunakan metode SAW dapat membantu guru dalam menggambil keputusan nilai terendah dalam tiga mata pelajaran yang diujikan dan hasilnya dapat membantu guru dalam menentukan ranking siswa dalam satu kelas.


Kata Kunci: ujian online; e-learning; teknologi informasi, SAW


 


Abstract. Online Examination system or can be called by the Online Exam Information System is an examination system application or a web-based interface test. It is difficult for teachers to know the lack of lessons that will be tested on each student because the number is too large, online exams are needed because they will overcome the limited time between educators and students. Especially to determine the lack of lessons that will be tested on students. In system development, the method that will be used is the Waterfall method with the steps of system analysis, system design and implementation. System analysis using CD, DFD, DCM, PDM, and Flowcharts. The implementation in this research is coding and system testing. The research was conducted at SMK NH Multimedia Poncokusumo with research samples of Saifudin, Lilik, and Dita. Using the SAW method can help teachers in making decisions about the lowest score in the three subjects tested and the results can help teachers determine the ranking of students in one class.


Keywords: enline exam; e-learning; information technology; SAW


 

Authors

Wahyu Nikartiningsih
wahyunika92@gmail.com (Primary Contact)
Rini Agustina
Wahyu Nikartiningsih, & Rini Agustina. (2021). SISTEM UJIAN ONLINE MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DI SMK NH MULTIMEDIA PONCOKUSUMO MALANG. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(2), 96–106. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.5817

Article Details