IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT SEBAGAI SISTEM REKOMENDASI WISATA DAN KULINER FAVORIT DI MALANG

M Haris Adiansyah, Moh Ahsan, Alexius Endy Budianto

Abstract

Pariwisata adalah salah satu industri utama di suatu negara. Secara kumulatif, Juli 2018 kunjungan wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia mencapai 814.233 kunjungan, meningkat dibandingkan dengan kunjungan wisatawan pada periode yang sama tahun lalu yang mencapai 777210 kunjungan (BPS, 2018). Malang adalah kota yang terletak di Jawa Timur yang memiliki keanekaragaman budaya sebagai aset kekayaan daerah dan harus dikembangkan seoptimal mungkin. Malang memiliki beberapa tempat wisata dan kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Masalah pengambilan keputusan dialami oleh para pelancong yang ingin bepergian, yaitu, para pelancong sering merasa bingung dalam memutuskan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata dan kuliner yang cocok untuk para pelancong. Sistem rekomendasi dalam penelitian ini dibangun untuk membantu wisatawan dalam memperoleh informasi tentang tujuan wisata dan kuliner dengan parameter harga dan lokasi yang diinginkan oleh pengguna dengan metode Weighted Product (WP). Hasil penelitian dan implementasi menunjukkan bahwa sistem yang dibuat telah memberikan kenyamanan dan membantu dalam merekomendasikan lokasi wisata dan kuliner di Malang yang akan digunakan oleh wisatawan untuk digunakan sebagai sarana untuk menemukan lokasi wisata dan kuliner sesuai dengan kebutuhan wisatawan di Malang.

References

Ahsan M, Setiyaningsih W, Susilowati S, Dijaya R, Tjahjanti PH., 2019. Selecting multiple intelligences on children with weighted product, analytical hierarchy process, simple additive weighting and TOPSIS. Journal of Physics: Conference Series Tebitan ke 7 Jilid 1402, Halaman 077033, Tahun 2019. Penerbit IOP Publishing.
Ahsan M, N Indawati,. 2019. Implementation weighted product method to determine multiple intelligence child. Journal of Physics: Conference Series Tebitan ke 1 Jilid 1375, Halaman 012038, Tahun 2019. Penerbit IOP Publishing.
Anggraiwan, Toni., 2014, Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Metode Weighted Product untuk Membantu Diagnosa Awal Gangguan pada Masa Kehamilan, Skripsi Teknik Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadyah Surakarta, Solo.
Ahsan, budi P, Harry S.P., 2015. Multiple Intelligence Menentukan Jurusan di SMA Menggunakan Teknik Multi-Attribute Decision Making. Jurnal eeccis UB, Volume 9 tahun 2015.
Asih, Setyo Heni., 2014, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Obyek Wisata Kabupaten Nganjuk Menggunakan Metode Weighted Product, Skripsi Teknik Informatika, FT UNP Kediri.
Esteriani, Sylvia Elita., 2014, Implementasi Metode Weighted Product Dalam Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Tunjangan Profesi Guru di Kabupaten Ngawi, Skripsi Teknik Informatika-S1, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Semarang.
Jaya., 2014, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Karyawan Menggunakan Metode Weighted Product (WP), Vol. IV. No. 2. 2013 Kabupaten Kayong Utara. Vol. III. No. 4.
Kurniasih., 2013, Analisis dan Desain (Sistem informasi: Pendekatan terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis), Andi, Yogyakarta.
Kadarsah, Suryadi., dan Ramdhani, M.Ali., 2014, Sistem Pendukung Keputusan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Kusrini, 2014, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi, Yogyakarta.
Marselia, 2014, Penerapan dan Pemeliharaan perangkat lunak, Yogyakarta.
Nuryanta, Nanang., 2015, Pengelolaan Sumber Daya Manusia (Tinjauan Aspek Rekrutmen dan Seleksi), Jurnal Pendidikan Islam eL-Tarbawj Vol.1 No.1 2008.
Peranginangin, K., 2016, Aplikasi Web Dengan PHP dan MySQL, Andi, Yogyakarta.
Sari, Indah Kumala., 2014, Perancangan Implementasi Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Pada BPR BKK KARANGANYAR Kab. Pekalongan, Jurnal Teknik Informatika, Fasilkom Udinus, Semarang.
Sianturi, 2013, Rekayasa Perangkat Lunak, Andi, Yogyakarta.
Suryadi, Kadarsah., dan Rahmadhani., 2014, Sistem Pendukung Keputusan : Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Budianto, Alex E, Diana E, 2017 “Sistem pendukung keputusan mengunakan metode simple additive weighting untuk penentuan guru berprestasi, senatek 1(A), 508-517.

Authors

M Haris Adiansyah
muhammadharis767@gmail.com (Primary Contact)
Moh Ahsan
Alexius Endy Budianto
Adiansyah, M. H., Ahsan, M., & Endy Budianto, A. (2020). IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT SEBAGAI SISTEM REKOMENDASI WISATA DAN KULINER FAVORIT DI MALANG. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i1.4243

Article Details