PENGARUH PROBLEM POSING LEARNING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 12 MALANG

Minarsih Minarsih, I Ketut Suastika, Nyamik Rahayu Sesanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model problem posing learning terhadap kreativitas peserta didik SMP Negeri 12 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design atau eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian nonequivalent control grup design. Model pembelajaran problem posing sebagai variabel bebas dan kreativitas peserta didik sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest serta dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t (T-test) untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis pengaruh model problem posing learning terhadap kreativitas peserta didik diperoleh nilai sign. < 0,05 yang artinya H0 ditolak sehingga hipotesis diterima. Besar pengaruh model pembelajaran problem posing sebesar 62,38% yang artinya model pembelajaran problem posing cukup berrpengaruh terhadap kreativitas peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem posing learning terhadap kreativitas peserta didik SMP Negeri 12 Malang. Model pembelajaran problem posing dapat digunakan dalam pembelajaran guna meningkatkan kreativitas peserta didik.

References

Faelasofi, R. 2017. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Edumath, 3 (2): 155-163. (Online), (http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id), diakses 02 Januari 2015.
Mahendra, R., Slamet, I dan Budiyono. 2017. Problem Posing with Realistic Mathematics Education Approach in Geometry Learning. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE), 895. (Online), (http://iopscience.iop.org), diakses 01 Januari 2018.
Mahmudi, A. 2007. Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Problem Posing. Jurnal pendidikan matematika, 3 (1) : 43-50. (Online), (http://www.journal.uny.ac.id), diakses 28 Oktober 2017.
Mahmudi, A. 2008. Tinjauan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal pendidikan matematika, 4 (2). (Online), (http://www.journal.uny.ac.id), diakses 28 Oktober 2017.
Moma, L. 2015. Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4 (1) : 27-41. (Online), (http: http://ejournal.unkhair.ac.id), diakses tanggal 31 Januari 2018.
Permendikbud No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Badan Standar Nasional Pendidikan. (Online), http://bsnp-indonesia.org, diakses 10 Oktober 2017.
Silver, E.A. 1997. Fostering Creativity Throught Instruction Rich In Mathematical Problem Solving And Problem Posing. Internasional Reviews on Mathematical Education, 29 (3) : 75-80. (Online), diakses 28 Desember 2017.
Siswono, TEY. 2004. Mendorong Berpikir Kreatif Siswa melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing). Makalah disampaikan pada Konferensi Himpunan Matematika Indonesia, Denpasar, Bali 23-27 Juli 2004.
Siswono, TYE. 2007. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah Dan Pemecahan Masalah. Makalah disampaikan pada Simposium Nasional Penelitian Pendidikan yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Kebijakan Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta, 25-26 Juli 2007.
Siswono, TEY. 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pengajuan Masalah. Laporan Penelitian. Jurusan Matematika FMIPA UNESA.
Suastika, I.K. 2017. Mathematical Learning Model of Open Problem Posing Learning to Develop Students Creativity. IEJME-Mathematics Education, 12 (6) : 569-577. (Online), (http://www. Iejme.com), diakses 04 Januari 2018.
Sugihardjo., Mardiyana dan Riyadi. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving pada Materi Trigonometri ditinjau dari Kreativitas Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Se-Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2 (5) : 454-464. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id), di akses tanggal 30 Desember 2017.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Ulfah, U,. Prabawanto, S., and Jupri, A. 2017. Student’s Mathematical Creative Thinking Through Problem Posing Learning. Journal Of Physycs:Conference Series, 895. (Online), (http://iopscience.iop.org), diakses 8 Januari 2018
Zakaria, E., and Ngah, N. 2011. Preliminary Analysis of Student’s Problem-Posing Ability and Relationship to Attitudes Towards Problem Solving. Research Journal of Applied Sciences, Engineering and Technology 3 (9) : 866 – 870 ISSN : 2040-7467. (Online), (http://www.researchgate.net/publication/267788611), diakses 25 Februari 2018.

Authors

Minarsih Minarsih
minarish6101@gmail.com (Primary Contact)
I Ketut Suastika
Nyamik Rahayu Sesanti
Minarsih, M., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2020). PENGARUH PROBLEM POSING LEARNING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 12 MALANG. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i1.4386

Article Details

Most read articles by the same author(s)