PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V

Desi Triwahyuni Ramadhani, Arnelian Dwi Yasa, I Ketut Suastika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran sistem pencernaan pada manusia. Metode penelitian yang digunakan peneliti merupakan penilitian pengembangan dan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yakni: Analysis, Design, Development , Implementation, Evaluation. Subjek uji coba adalah 7 siswa kelas V SDN Karangbesuki 2 Kota Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Angket terdiri dari angket ahli media, ahli materi, ahli bahasa, kepraktisan guru, dan kepraktisan siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran E-Komik sistem pencernaan pada manusia menggunakan model ADDIE dan menyatakan bahwa media E-Komik sistem pencernaan pada manusia memperoleh skor kevalidan 92,5% dengan kategori sangat valid dari ahli media, 87,5%  dengan kategori sangat valid dari ahli materi, sedangkan 96,4 % dengan kategori sangat valid dari ahli bahasa. Uji kepraktisan mendapatkan presentase 96,1% dan 85,55% dengan kategori sangat baik dari hasil respon siswa dan guru. Uji keefektifan memperoleh rata-rata nilai 81% dengan kategori sangat baik. hasil pengembangan media pembelajaran E-Komik sistem pencernaan pada manusia dapat dijadikan referensi guru sebagai media pendamping pembelajaran.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosadakarya.
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93–106. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920
Anggraeni, A. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP.
Arianti, F., Raharjo, & Suparno, G. (2012). Pengembangan Mini Book Materi Untuk Mendukung PEembelajaran Kelas XI-IPA SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. BioEdu, 1(1), 15–18.
Khairani, M. d. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Marcomedia Flash Materi Tabung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95–102.
Khotimah, K. (2014). Pengembangan Media E-Comic Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Kelas VB SD Negeri Bojong Salaman 01 Semarang. In Jurnal Pendidikan Guru (Vol. 2, Issue 2).
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Remaja Rosadakarya.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar. Jakarta: PT. Prestasi Pusta Karya, August, 1–9.
Rengga, R. N. (2017). Pengembangan e-komik sejarah materi pokok meneladani kepahlawanan dan patriotisme untuk kelas IV SD Negeri Purwantoro 2 Malang. Universitas Negeri Malang.
Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi Pq4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1).
Widyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen. Pustaka Pelajar.
Wisudawati, A. W. (2014). Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara, 138.
Yasa, A. D., Chrisyarani, D. D. S. A., & Mudiono, A. (2017). Modul Komik Tematik Berbasis Multiple Intellegence Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 175–181.

Authors

Desi Triwahyuni Ramadhani
desitriwahyuni28@gmail.com (Primary Contact)
Arnelian Dwi Yasa
I Ketut Suastika
Triwahyuni Ramadhani, D., Dwi Yasa, A., & Suastika, I. K. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V . RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(4), 342–346. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.6538

Article Details

Most read articles by the same author(s)