Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Online Siswa Kelas IV SDK Marga Bhakti Kota Malang

Katarina Yuyun, I Ketut Suastika, Nyamik Rahayu Sesanti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika secara online terhadap siswa kelas IV SDK Marga Bhakti Kota Malang. Penelitian ini dilakukan dengan penggunaan pendekatan kualitatif sementara jenis penelitian ialah penelitian lapangan. Subjek penelitian yaitu guru kelas IV dan 8 orang siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Indikator yang dipergunakan pada penelitian ini meliputi pemahaman pembelajaran matematika secara online saat pandemi Covid-19, efektivitas pembelajaran matematika secara online, media yang dipergunakan siswa ketika pembelajaran online, model pembelajaran matematika yang efektif saat pembelajaran online, kendala pembelajaran matematika secara online. Hasil penelitian menunjukan efektivitas pembelajaran matematika pada siswa kelas IV di SDK Marga Bhakti Kota Malang diperoleh persentase 42%  dengan kategori kurang baik dengan permasalahan yang dihadapi siswa saat belajar yaitu terkait pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika secara online. (1) pemahaman pembelajaran matematika secara online saat pandemi Covid-19 sebesar 25% dikategorikan kurang baik. (2) Efektivitas pembelajaran matematika secara online sebesar 50% dikategorikan cukup baik. (3) Media pembelajaran matematika secara online pada preferensi penggunaan media belajar menggunakan buku yakni sangat baik dengan persentase 100% lebih efektif untuk siswa dibandingkan dengan youtube ataupun video-video pembelajaran lainnya (5) Kendala pembelajaran matematika secara online pada alat komunikasi dan fasilitas pembelajaran dinilai telah mampu untuk diminimalisir.

References

Arsisari, Ayen, Frisyeila Karennisa, Siti Farisma, Intan Juwita, and Fitri Anisa. 2021. “Analisis Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring Siswa SMP Di Bangka Belitung Pada Masa Pandemi Covid-19.” EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1):73–80.

Farida, Nur. 2015. Analisis Pada Kesalahan Peserta Didik di SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.4(2),42-52

Fauzy, Alwan and Puji Nurfauziah. 2021. “Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 Di SMP Muslimin Cililin.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(1):551–61.

Handayani, Lina. 2020. “Keuntungan , Kendala Dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif Di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani.” Journal Industrial Engineering & Management Research 1(2):15–23.

Karim, Asrul. 2011. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Meningkatkan Operasi Perkalian Melalui Permainan Dakon Dan Kartu Warna Pada Siswa Kelas II Semester II.” Henti Widiastuti (1):21–32.

Kristina, Marilin, Ruly Nadian Sari, and Erliza Septia Nagara. 2020. “Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Provinsi Lampung.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 4(2):201–9.

Mustakim. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika.” Al Asma : Journal of Islamic Education 2(1):1–12.

Nurhayati., Bernard, M. 2019. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X Smk Bina Insan Bangsa Pada.” Journal On Education 01(02):497–502.

Pribowo, Fitroh Setyo Putro. 2017. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH IPA BERBASIS Scientific Aprroach Merupakan Perpaduan Proses Pembelajaran Yang Semula Terfokus Pada Eksplorasi , Elaborasi , Dan Konfirmasi Dilengkapi Dengan Mengamati , Mengkomunikasikan ( Kemendikbud , 2013 ). Scientif.” 6(1):54–66.
Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Chi Hyun Choi, and Ratna Setyowati Putri. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2(1):1–12.

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, and Din Azwar Uswatun. 2020. “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(4):861–72.

Putry, Kiky Permana, Mardiati, and Efrini Panjaitan. 2021. “Jurnal Serunai Matematika Jurnal Serunai Matematika.” 13(1):16–22.

Rohana, Syarifah. 2020. “Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 12(2):192–208.
Rohmawati, Afifatu. 2015. “Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 9(1):15–32.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Syarifudin, Albitar Septian. 2020. “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5(1):31–34.

Utami, Yuliza Putri, Derius Alan, and Dheri Cahyono. 2020. “Study At Home : Analisis Kesulitan Belajar.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) 1(1):20–26.

Authors

Katarina Yuyun
yuyunkatarina@gmail.com (Primary Contact)
I Ketut Suastika
Nyamik Rahayu Sesanti
Yuyun, K., Suastika, I. K., & Rahayu Sesanti, N. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Online Siswa Kelas IV SDK Marga Bhakti Kota Malang. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 4(2), 123–130. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst/article/view/7219

Article Details

Most read articles by the same author(s)