EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING (E-LEARNING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Ayus Dandi Ayus, Gusniwati Gusniwati, Buhaerah Buhaerah

Abstract

Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk membahas mengenai efektivitas pembelajaran matematika berbasis daring(E-learning) terhadap prestasi belajar siswa. Jadi perkembangan pendidikan saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran daring(E-learning). Pembelajaran daring(E-learning) berfungsi sebagai penghubung antar pendidik dengan siswa dengan menggunakan elektronik dan jaringan internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Media daring yang digunakan adalah bermacam-macam (whatsApp,Google Classroom,Youtube). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran matematika berbasis daring(E-learning). Metode yang dikumpulkan dalam mengumpulkan data adalah memberikan evaluasi kepada narasumber yaitu siswa kelas XI SMA melalui WhatsApp dan Google Classroom.

References

Hakim, L., & Khusniya, I. L. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris . Universitas Islam Negeri Mataram: Jurnal Tatsqif.
Indrawati, Farah. "Pengaruh kemampuan numerik dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika." Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3.3 (2015).
Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 51-66.
Miarso,Y. (2005). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.
Nugraha, Sobron Adi, Titik Sudiatmi, and Meidawati Suswandari. "Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV." Jurnal Inovasi Penelitian 1.3 (2020): 265-276.
Nurani, Najila Indah, Din Azwar Uswatun, and Luthfi Hamdani Maula. "Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19." Jurnal PGSD 6.1 (2020): 50-56.
Setyosari, P. (2008). Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. Dosen Jurusan TEP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri.

Authors

Ayus Dandi Ayus
ayusdandi@iainpare.ac.id (Primary Contact)
Gusniwati Gusniwati
Buhaerah Buhaerah
Ayus, A. D., Gusniwati, G., & Buhaerah, B. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING (E-LEARNING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5052

Article Details