KREATIVITAS SISWA KEMAMPUAN TINGGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL

Ucik Fitri Handayani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas siswa tinggi dalam memecahkan masalah matematika kontekstual. Penelitian ini fokus pada siswa kelas VIII yang rata-rata kelasnya lebih tinggi dari kelas lain. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil jawaban siswa dianalisis menggunakan indikator fluency, flexibility, dan novelty. Kemudian dikategorikan berdasarkan tingkat kreativitas. Terdapat 2 siswa kemampuan tinggi yang dipilih sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat siswa kemampuan tinggi yang berada pada tingkat 4 (sangat kreatif) yang memenuhi 3 indikator yakni kelancaran, keluwesan dan kebaruan dengan baik sesuai materi dan kemampuannya. (2) Terdapat siswa kemampuan tinggi berada pada tingkat 3 (kreatif) yang memenuhi 2 indikator yakni kelancaran dan keluwesan dengan baik sesuai materi dan kemampuannya. (3) Ada indikator kebaruan yang tidak terpenuhi oleh siswa kemampuan tinggi. (4) Siswa kelompok kemampuan tinggi memiliki tingkat yang berbeda sesuai kemampuan dan pengetahuan siswa. (5) Kurangnya kreativitas siswa berkemampuan tinggi dikarenakan siswa belum memahami masalah kontekstual karena latihan soal yang kurang.

References

Afandi, Afandi, Sajidan Sajidan, Muhammad Akhyar, and Nunuk Suryani. 2018. “Pre-Service Science Teachers‟ Perception About High Order Thinking Skills (HOTS) in the 21st Century.” International Journal of Pedagogy and Teacher Education 2(1):107. doi: 10.20961/ijpte.v2i1.18254.
Amelia, Syela Rizki, and Heni Pujiastuti. 2020. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Tugas Open-Ended.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 3(3):247–58. doi: 10.22460/jpmi.v3i3.247-258.
Andiyana, Muhamad Arfan, Ripi Maya,and Wahyu Hidayat. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(3):239-. doi: 10.22460/jpmi.v1i4.p779-784.
Apino, E., and H. Retnawati. 2017. “Developing Instructional Design to Improve Mathematical Higher Order Thinking Skills of Students.” Pp. 1–7 in Journal of Physics: Conference Series.
Azhari, and Somakim. 2013. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III.” Jurnal Pendidikan Matematika 7(2):1–12.
Damayanti, Herwinanda Trisnaning, and Sumardi Sumardi. 2018. “Mathematical Creative Thinking Ability of Junior High School Students in Solving Open-Ended Problem.” JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education) 3(1):36. doi: 10.23917/jramathedu.v3i1.5869.
Daud, Adzliana Mohd, Jizah Omar, Punia Turiman, and Kamisah Osman. 2012. “Creativity in Science Education.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 59:467–74. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.09.302.
Dwi Herdani, Pendawi, and Novisita Ratu. 2018. “Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open – Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat.” JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika 2(1):9. doi: 10.31764/jtam.v2i1.220.
Ekstam, Ulrika, Johan Korhonen, Karin Linnanmäki, and Pirjo Aunio. 2018. “Special Education and Subject Teachers‟ Self-Perceived Readiness to Teach Mathematics to Low-Performing Middle School Students.” Journal of Research in Special Educational Needs 18(1):59–69. doi: 10.1111/1471-3802.12393.
Handayani, Ucik Fitri, Cholis Sa‟dijah, and Hery Susanto. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Adopsi „PISA.‟” Jurnal Math Educator Nusantara 4(2):143. doi: 10.29407/jmen.v4i2.12109.
Leikin, Roza, and Miriam Lev. 2013. “Mathematical Creativity in Generally Gifted and Mathematically Excelling Adolescents: What Makes the Difference?” ZDM - International Journal on Mathematics Education 45(2):183–97. doi: 10.1007/s11858-012-0460-8.
Lince, Ranak. 2016. “Creative Thinking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by Applying Models Numbered Heads Together.” Journal of Education and Practice 7(6):206–12.
Mursidik, Elly‟s Mersiina, Nur Syamsiyah, and Hendra Erik Rudyanto. 2014. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sd Dalam Memecahkan Masalah Matematika.” Jurnal LPPm 2(2):7–13.
Mustakim, and Mega teguh Budiarto. 2017. “Identifikasi Kreativitas Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Luas Segiempat.” MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2(6):266–68.
Muthaharah, Yhana Alfianadevi, Kriswandani, and Erlina Prihatnani. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar.” Jurnal Mitra Pendidikan 2(1):11–22.
Nadjafikhah, Mehdi, Narges Yaftian, and Shahrnaz Bakhshalizadeh. 2012. “Mathematical Creativity: Some Definitions and Characteristics.” Pp. 285–91 in Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 31.
Nasution, Tetty Khaerani, Edy Surya, Asmin, and Bornok Sinaga. 2017. “An Analysis of Student ‟ s Mathematical Creative Thinking Ability Senior High School on Geometry.” Ijariie 3(2):3860–66.
Sa‟dijah, Cholis. 2013. “Kepekaan Bilangan Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual Yang Mengintegrasikan Keterampilan Berpikir Kreatif.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 20(2):222–27.
Siswono, Tatag Yuli Eko. 2011. “Level of Student‟s Creative Thinking in Classroom Mathematics.” Educational Research and Review 6(7):548–53.
Sriraman, Bharath, Per Haavold, and Kyeonghwa Lee. 2013. “Mathematical Creativity and Giftedness: A Commentary on and Review of Theory, New Operational Views, and Ways Forward.” ZDM - International Journal on Mathematics Education 45(2):215–25.
Suastika, Ketut. 2017. “Mathematics Learning Model of Open Problem Solving to Develop Students ‟ Creativity.” 12(6):569–77.
Sujarwo, Eko, and Tri Nova Hasti Yunianta. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun.” Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika (JKPM) 2(1):1–9.
Švecová, Valéria, Lucia Rumanová, and Gabriela Pavlovičová. 2014. “Support of Pupil‟s Creative Thinking in Mathematical Education.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 116:1715–19. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.461.
Syahara, Masita Ulil, and Erna Puji Astutik. 2021. “Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Ditinjau Dari Kemampuan Matematika.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10(2):201–12.
Utami, Aliksia Kristiana Dwi, and Erna Kuneni. 2016. “Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Awal.” Pp. 351–61 in.
Yusnaeni, Herawati Susilo, A. D. Corebima, and Siti Zubaidah. 2016. “Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Search Solve Create and Solve Di SMA.” Prosiding Seminar Nasional Biologi 2016 (January 2018):443–46.

Authors

Ucik Fitri Handayani
ucikfitrihandayani@gmail.com (Primary Contact)
Handayani, U. F. (2021). KREATIVITAS SISWA KEMAMPUAN TINGGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL . Pi: Mathematics Education Journal, 4(2), 91–101. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i2.5757

Article Details