Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada Materi SPLDV untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Dea Darma Putri, Maimunah, Susda Heleni

Abstract

KBK harus siswa miliki pada pembelajaran abad 21 dalam mempelajari matematika. KBK juga merupakan tujuan pembelajaran matematika pada Kurikulum 2013. Rendahnya KBK dapat tergambarkan dalam materi SPLDV sehingga dibutuhkan inovasi untuk mengembangkan kemampuan KBK siswa. PBL adalah model pembelajaran yang dapat memfasilitasi KBK siswa, khususnya siswa SMP. KBK dapat terfasilitasi melalui penerapan PBLyang diwujudkan dengan membuat perangkat pembelajaran yaitu silabus, RPP, dan LAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran materi SPLDV untuk memfasilitasi kemampuan KBK siswa. penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D dengan tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), pendiseminasian (disseminate). Pada tahap pengembangan dilakukan validasi, revisi produk dan ujicoba produk (ujicoba kelompok kecil dan besar). Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 45 Pekanbaru. Jenis data yang dipakai pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis hasil validasi, masing-masing rata-rata hasil validasi silabus, RPP dan LAS adalah  kriteria sangat valid,  kriteria sangat valid, dan  kriteria sangat valid. Rata-rata hasil kepraktisan pada ujicoba kelompok kecil adalah  kategori sangat praktis dan rata-rata hasil kepraktisan ujicoba kelompok besar adalah  kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis PBL pada materi SPLDV untuk memfasilitasi KBK siswa SMP telah memenuhi syarat valid dan praktis.

References

Aji13, Muhammad Qudrat Wisnu. (2019). “Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri.”

Anita, Anita, and Ramlah Ramlah. (2021). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Kemampuan Awal.” MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 8(2).

Cahyaningsih, Ujiati, and Anik Ghufron. (2016). “Pengaruh Penggunaan Model ProblemBased Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Karakter 7(1).

Darwati, I. G. A. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69.

Fedi, Sebastianus, A. S. Gunsi, A. H. Ramda, and B. Gunur. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 4(1):11–20.

Gradini, E. (2019). Menilik konsep kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) dalam pembelajaran matematika. Numeracy, 6(2), 189–203.

Lestari, Siti Zulaeha Dwi, and Lessa Roesdiana. (2021). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan.” MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 8(1).

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(2).

Noor, F., & Ranti, M. G. (2019). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 75–82.

Rezeki, Sri. (2018). “Pemanfaatan Adobe Flash Cs6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers.” Jurnal Pendidikan Tambusai 2(2):856–64.

Sugiyarti, Lina, Alrahmat Arif, and Mursalin Mursalin. (2018). “Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar.” in Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Sulistiani, Eny, and Masrukan Masrukan. (2017). “Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan MEA.” Pp. 605–12 in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Susanti, E. (2017). Penerapan model pembelajaran probing-prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematis siswa kelas XI. IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. (2018). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh.” Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 9(2).

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai Perangkat Pembelajaran Praktis. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 42(2), 158–169.

Authors

Dea Darma Putri
Maimunah
maimunah@lecturer.unri.ac.id (Primary Contact)
Susda Heleni
Putri, D. D., Maimunah, & Susda Heleni. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada Materi SPLDV untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Pi: Mathematics Education Journal, 6(1), 33–45. https://doi.org/10.21067/pmej.v6i1.8126

Article Details