Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Self Efficacy Siswa SMP Kota Pekanbaru

Widya Shintya Dewi, Maimunah, Nahor Murani Hutapea

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning pada peningkatan kemampuan self efficacy siswa kelas VII SMP N 8 Pekanbaru. Indikator self efficacy yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 3 indikator yaitu: (1) Percaya pada kapasitas diri (dimensi Strength), (2) Keyakinan terhadap menyesuaikan diri dan menghadapi tugas-tugas yang kompleks (dimensi Generality), dan (3) Keyakinan dalam mengatasi tantangan (dimensi Magnitude). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif yang dilakukan dimulai dari pengujian normalitas dan homogenitas, kemudian dilakukan uji-t untuk melihat apakah terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Setelah didapatkan bahwa semua data berdistribusi normal dan homogen, akan dilakukan uji N-gain untuk melihat apakah terdapat peningkatan kemampuan self efficacy pada siswa yang mengikuti pembelajaran melalui PBL. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan self efficacy siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan model PBL. Peningkatan kemampuan self efficacy siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan mean N-Gain sebesar 0,67.

References

’Aini, Lia Quratul. 2020. “ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA.” 6(1).
Aprisal & Sartika Arifin. 2020. Kemampuan Penalaran Matematika dan Self Efficacy Siswa SMP. DELTA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Muhammad Fathurrohman. 2017. Model-model Pembelajaran Inovatif : Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.
Naila R. U., dkk. 2022. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Al Maarif 01 Singosari. JP3, Volume 17, No.7.
Nuryaninim. 2012. Self Efficacy Matematika. Online. http://www.slideshare.net/Interest_Matematika_2011/sel-efficacy-matematis (diakses pada 28 Agustus 2022)
Siti U., Yuyu Y., & Aan H.. 2020. Pengaruh Self Efficacy dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika.
Sunaryo, Yoni. 2017. Pengukuran Self Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Mateamtika di MTs N 2 Ciamis. Jurnal Teorema.
Yana R., dkk. 2023. Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy Pada Materi Trigonometri SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika.

Authors

Widya Shintya Dewi
widya.shintya7962@grad.unri.ac.id (Primary Contact)
Maimunah
Nahor Murani Hutapea
Dewi, W. S., Maimunah, & Nahor Murani Hutapea. (2024). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Self Efficacy Siswa SMP Kota Pekanbaru. Pi: Mathematics Education Journal, 7(1), 49–56. https://doi.org/10.21067/pmej.v7i1.9607

Article Details