Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Self Efficacy Siswa SMP Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v7i1.9607Keywords:
Self Efficacy, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning pada peningkatan kemampuan self efficacy siswa kelas VII SMP N 8 Pekanbaru. Indikator self efficacy yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 3 indikator yaitu: (1) Percaya pada kapasitas diri (dimensi Strength), (2) Keyakinan terhadap menyesuaikan diri dan menghadapi tugas-tugas yang kompleks (dimensi Generality), dan (3) Keyakinan dalam mengatasi tantangan (dimensi Magnitude). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif yang dilakukan dimulai dari pengujian normalitas dan homogenitas, kemudian dilakukan uji-t untuk melihat apakah terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Setelah didapatkan bahwa semua data berdistribusi normal dan homogen, akan dilakukan uji N-gain untuk melihat apakah terdapat peningkatan kemampuan self efficacy pada siswa yang mengikuti pembelajaran melalui PBL. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan self efficacy siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan model PBL. Peningkatan kemampuan self efficacy siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan mean N-Gain sebesar 0,67.
Downloads
References
’Aini, Lia Quratul. 2020. “ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA.†6(1).
Aprisal & Sartika Arifin. 2020. Kemampuan Penalaran Matematika dan Self Efficacy Siswa SMP. DELTA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Muhammad Fathurrohman. 2017. Model-model Pembelajaran Inovatif : Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.
Naila R. U., dkk. 2022. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Al Maarif 01 Singosari. JP3, Volume 17, No.7.
Nuryaninim. 2012. Self Efficacy Matematika. Online. http://www.slideshare.net/Interest_Matematika_2011/sel-efficacy-matematis (diakses pada 28 Agustus 2022)
Siti U., Yuyu Y., & Aan H.. 2020. Pengaruh Self Efficacy dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika.
Sunaryo, Yoni. 2017. Pengukuran Self Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Mateamtika di MTs N 2 Ciamis. Jurnal Teorema.
Yana R., dkk. 2023. Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy Pada Materi Trigonometri SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal