PENGEMBANGAN LKPD MATERI GARIS DAN SUDUT BERBASIS SQ3R UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7153Keywords:
mathematical reasoning ability, LKPD, SQ3R method, line and angle materialAbstract
Kemampuan penalaran matematis (KPM) diperlukan dan menjadi dasar dari kemampuan pemecahan masalah dan KPM, karena penalaran matematis dan pembelajaran matematika adalah dua hal yang berkaitan. Menyelesaikan suatu masalah matematis dibutuhkan penalaran dan kemampuan penalaran dapat dipelajari dari belajar matematika. Rendahnya KPM dapat dilihat dalam materi geometri sehingga dibutuhkan sebuah inovasi untuk mengembangkan KPM peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dapat membantu KPM semakin berkembang salah satunya ialah menggunakan LKPD berbasis metode SQ3R yang merupakan singkatan dari lima langkah yaitu survey, question, read, recite, dan review. Penelitian yang digunakan berjenis penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ini merupakan singkatan dari tahapan-tahapannya, yaitu tahap Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Pada tahap Implementation dilakukan ujicoba produk berupa ujicoba satu-satu dan ujicoba kelompok kecil. Penelitian yang diterapkan kepada subjek ujicoba, yaitu peserta didik di MTs Negeri 2 Kuantan Singingi. Analisis data dilakukan ada dua yaitu analisis data secara kuantitatif dan juga kualitatif. Hasil dari penelitian yang diperoleh menyatakan jika LKPD materi garis dan sudut berbasis SQ3R untuk memfasilitasi KPM mendapat kategori sangat valid dengan nilai rata-rata akhir sebesar 90,5% dan mendapat kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata akhir sebesar 93,45%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD materi garis dan sudut untuk memfasilitasi KPM telah memperoleh kategori valid dan praktis untuk diterapkan
Downloads
References
Harapit, S., Maimunah, & Nahor Murani Hutapea. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis . Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 475–488. https://doi.org/10.30606/absis.v4i2.1120
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics and Science Study). Proceeding of Seminar Nasional & Call For Papers, Tasikmalaya
Kosim, Ibrahim, & Gunawan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1). 14-23
Latif, A., Suanto, E., & Solfitri, T. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. In Journal for Research in Mathematics Learning). 4(3). 225-234.
Luginawati, R. (2019). Pengembangan Pembelajaran IPA dengan Metode SQ3R. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 6(2). 144-155
Maulidia, Y. R., & Turistiani, T. D. (2018). Pengembangan LKPD Menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) untuk Materi Teks Iklan, Slogan, dan Poster Kelas VIII. Jurnal Bapala, 5(2), 1–10.
Nabila, W. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Serupa PISA Siswa Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Publikasi Ilmiah. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Prayito, M. (2016). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Belajar Garis dan Sudut dengan GeoGebra. In Suska Journal of Mathematics Education. 2(1). 13-19
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.
Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok: Rajawali Pers.
Saparina, S., Setiadi, A. E., & Muldayanti, N. D. (2017). Efektivitas Buku Saku Berbasis Mnemonik Terhadap Retensi Siswa Dengan Metode SQ3R pada Sub Materi Tulang di Kelas XI IPA MAN 2 Pontianak. Jurnal Bioeducation. 4(1). 39-46
Susriyati, D., & Yurida, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Karakter. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA). 2(1), 272–280.
Yanti, F., Nurva, M. S., Fikriani, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Imu Pendidikan. 4(2). 1743-1751
Zakiamani, A., Maimunah, & Zulkarnain. (2020). Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Matematika: Studi Pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah. In Journal for Research in Mathematics Learning. 3(3). 211-223.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal