PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN E-BOOK SIBI SEBAGAI SARANA LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN E-BOOK SIBI SEBAGAI SARANA LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Zuhrotul Maratussholihah Universitas Negeri Surabaya
  • Anas Ahmadi Universitas Negeri Surabaya
  • Resdianto Permata Raharjo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21067/jibs.v11i1.10044

Kata Kunci:

E-book SIBI, Literasi Digital, Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mengenai persepsi siswa terhadap pemanfaatan e-book SIBI yang digunakan sebagai sarana literasi digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitaif. Sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas XI F4 SMA Negeri 1 Mantup dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket atau kuesioner dengan lembar kuesioner sebagai instrumennya. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif untuk mengetahui mean dan presentase dari hasil kuesioner siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas XI F4 di SMA Negeri 1 Mantup yang berjumlah 40 siswa terhadap pemanfaatan e-book SIBI mendapatkan rata-rata skor sebesar 3,34 yang masuk dalam kategori sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa persepsi siswa mengarah pada persepsi yang positif. Siswa dan guru mampu menerima serta memanfaatkan e-book SIBI dengan sangat baik sebagai sarana literasi digital dan penunjang dalam pembelajaran bahasa Indonesia. E-book SIBI menjadi media iterasi digital yang sangat relevan, baik, dan efektif dalam pengembangkan literasi digital siswa, khusunya dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Biografi Penulis

Zuhrotul Maratussholihah, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa S2-Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Surabaya

Anas Ahmadi, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S2-Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Surabaya

Resdianto Permata Raharjo , Universitas Negeri Surabaya

Dosen S2-Pendidikan Bahasa Indonesia Univesitas Negeri Surabaya

Referensi

Aryani, V., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2023). Pengembangan media e-story book berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran dongeng sastra anak kelas III Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1939–1954.

Dewi, C., Pahriah, P., & Purmadi, A. (2021). The urgency of digital literacy for generation Z students in chemistry learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 16(11), 88–103.

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 25–35.

Haryanto, H., Ghufron, A., Suyantiningsih, S., & Kumala, F. N. (2022). The Correlation between Digital Literacy and Parents’ Roles towards Elementary School Students’ Critical Thinking. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(3), 828–839.

Hasan, M., Milawati, Dajarot, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Hudawis, P. (2021). Persepsi Siswa terhadap Penggunaan WhatsApp ditengah Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X MIPA 4 MAN Pinrang. IAIN Parepare.

Karakoç Öztürk, B. (2021). Digital reading and the concept of ebook: Metaphorical analysis of preservice teachers’ perceptions regarding the concept of ebook. Sage Open, 11(2).

Khansa, N. M. (2022). Pengaruh Globalisasi Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1–8.

Mahardika, A. I., Saputra, N. A. B., Muda, A. A. A., Riduan, A., & Lazuardi, N. S. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Digital E-book Menggunakan Flipbook PDF Professional bagi Guru di Kota Banjarmasin. Kawanad: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 124–134.

Mashuri, C., Permadi, G. S., Vitadiar, T. Z., Mujianto, A. H., Cakra, R., Faizah, A., & Kistofer, T. (2022). Buku Ajar Literasi Digital. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).

Nurbaeti, F. (2023). Literasi Digital Sebagai Media Pembelajaran. Karimah Tauhid, 2(3), 734–742.

Nurjannah, N. (2022). Tantangan pengembangan kurikulum dalam meningkatkan literasi digital serta pembentukan karakter peserta didik di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6844–6854.

Permatasari, A. D., Iftitah, K. N., Sugiarti, Y., & Anwas, E. O. M. (2022). Peningkatan literasi indonesia melalui buku elektronik. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 261–282.

Purwanti, Y. G., Maruti, E. S., & Budyartati, S. (2022). Penguatan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan E-learning. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 288–297.

Rachim, D. A., & Ambarwati, R. (2021). Developing An E-Flipbook On Environmental Change Topics To Develop Students’digital Literacy. Edusains, 13(1), 25–34.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis digital untuk meningkatkan kecakapan literasi digital anak usia dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115–133.

Rukmaningsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.

Silalahi, D. E., Handayani, E. A., & Munthe, B. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan: Teori, Praktek Dan Penerapannya. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunarni, S., & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613–1620.

Susanti, L. D., Indrianti, D. T., Hilmi, M. I., & Handayani, S. M. (2022). Literasi Digital: Pemberdayaan Perempuan pada Kelompok Dasa Wisma di Kabupaten Banyuwangi. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 115–126.

Winarni, E. W. (2021). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.

Yani, D., Saifullah, A., Kusumaningrum, S. R., & Dewi, R. S. I. (2023). Digital Literacy In Thematic Learning Of Elementary School Students With The Assistance Of Flipbook Media. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 12–17.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Maratussholihah, Z., Ahmadi, A., & Raharjo , R. P. (2024). PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN E-BOOK SIBI SEBAGAI SARANA LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. URNAL LMIAH AHASA AN ASTRA, 11(1), 93–104. https://doi.org/10.21067/jibs.v11i1.10044
Loading...