Penerapan Library AR.JS untuk Pembuatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan

Penulis

  • Dimas Wahyu Wibowo Politeknik Negeri Malang
  • Pramana Yoga Saputra Politeknik Negeri Malang
  • Eka Larasati Amalia Politeknik Negeri Malang
  • Farida Ulfa Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/smartics.v4i2.3185

Kata Kunci:

Augemented Reality, Media Pembelajaran, Hewan

Abstrak

Augemented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan bedan maya 3D ke dalam dunia nyata dan dalam waktu nyata. Penelitian ini menggunakan teknologi AR ke dalam bentuk media pembelajaran pengenalan hewan unutk anak-anak. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan anak-anak dalam mengenal nama dan jenis hewan. AR dapat menyajkan pembelajaran yang interaktif, karena anak-anak tidak hanya belajar secara teori namun mereka juga dapat melihat objek hewan secara 3D. Aplikasi ini dibuat menggunakan AFrame Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun mampu menampilkan semua visualisasi objek 3D sehingga dapat digunakan untuk media pembelajaran

Diterbitkan

2018-10-31

Cara Mengutip

[1]
D. W. Wibowo, P. Y. Saputra, E. L. Amalia, dan F. Ulfa, “Penerapan Library AR.JS untuk Pembuatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan”, SMARTICS, vol. 4, no. 2, hlm. 52–55, Okt 2018.