Pengaruh Strategi Discovery Learning dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Fisika

Authors

  • Sholikhan Sholikhan a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas PGRI Kanjuruhan Malang";}
  • Muhammad Sayyadi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10488

Keywords:

discovery learning, gaya kognitif, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1)perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara penerapan pembelajaran discoveri dengan ekspositori (2). Perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mempunyai kemampuan gaya kognitif field independent dengan field dependent. (3).Pengaruh interaksi  pembelajaran discoveri  dan gaya kognitif  terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang melibatkan 120 siswa SMA, dengan rancangan percobaan analisis factor 2x2, dan rancangan penelitian pre test post test control group design. Ada  3 variable yang digunakan yaitu variable bebas strategi pembelajaran discoveri, dan variable terikat kemampuan pemecahan masalah, sedang gaya kognitif sebagai variable moderator. Data gaya kognitif diperoleh melalui angket, sedangkan data tentang kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah, antara penerapan pembelajaran discoveri dengan ekspositori (2). Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mempunyai kemampuan gaya kognitif field independent dengan field dependent; 3) ada pengaruh interaksi  antara pembelajaran discoveri  dan gaya kognitif  terhadap kemampuan pemecahan masalah

References

Adi Prana, I. G. L. A., Sadia, I. W., & Swasta, I. B. J. (2019). Pengembangan LKS Sains dengan Setting Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Efikasi Diri. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 66. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20396

Alfieri, L., Brooks, P. J., Aldrich, N. J., & Tenenbaum, H. R. (2011). Does discovery-based instruction enhance learning? Journal of Educational Psychology, 103(1), 1-18.

Amalina, I. K., & Vidákovich, T. (2023). Cognitive and socioeconomic factors that influence the mathematical problem-solving skills of students. Heliyon, 9(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e19539

Anggreini, R., Asnawati, R., & Koestoro, B. (2018). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(3), 186.

Basir, M. A. (2015). Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 3(1), 106–114.

Busyairi, A., Harjono, A., & Zuhdi, M. (2021). Analisis Didaktis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Calon Guru Fisika Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gaya Belajar. Kappa Journal, 5(2), 174–182. https://doi.org/10.29408/kpj.v5i2.4455

Castronova, J. A. (2002). Discovery Learning For The 21st Century: What Is It And How Does It Compare To Traditional Learning In Effectiveness In The 21st Century? Action Research Exchange, 1(1), 1–12.

Chang, S. J., Kim, G. M., & Kim, J. A. (2024). The effects of flipped learning and gamification on nursing students’ patient safety education: A mixed method study. Heliyon, 10(8), e29538. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29538

Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10(2), 020119.

Dreyweish, A. Ei. Al, Aljafari, R., & Alrashidi, S. N. (2024). Unveiling the relationship between psychological adaptation and problem-solving skills in gifted intermediate school students: A Saudi Arabian perspective. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10(1), 100253. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2024.100253

Harso, A., Suastra, I. W., & Sudiatmika, A. I. A. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Langke Rembong Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2), 1–12.

Ibrahem, U. M., Alsaif, B. S., Alblaihed, M., Ahmed, S. S. I., Alshrif, H. A., Abdulkader, R. A., & Diab, H. M. (2022). Interaction between cognitive styles and genders when using virtual laboratories and its influence on students of health college’s laboratory skills and cognitive load during the Corona pandemic. Heliyon, 8(4), e09213. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09213

Kememdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Fase A - Fase F. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia, 21.

Marwazi, M., & Made Darma Putra, N. (2019). Analysis of Problem Solving Ability Based on Field Dependent Cognitive Style in Discovery Learning Models Article Info. Journal of Primary Education, 8(2), 127–134. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/25451

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188

Mefoh, P. C., Nwoke, M. B., Chukwuorji, J. B. C., & Chijioke, A. O. (2017). Effect of cognitive style and gender on adolescents’ problem solving ability. Thinking Skills and Creativity, 25, 47–52. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.03.002

Moore, C. A., Goodenough, D. R., & Cox, P. W. (1977). Field-dependent and field-independent cognitive styles and their educational implications. Review of Educational Research, 47(1), 1-64.

Ningsih, S. C., & Pramaeda, T. D. O. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan E-Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 116–130. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.5576

National Research Council. (2012). A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. The National Academies Press.

Pimdee, P., Sukkamart, A., Nantha, C., Kantathanawat, T., & Leekitchwatana, P. (2024). Enhancing Thai student-teacher problem-solving skills and academic achievement through a blended problem-based learning approach in online flipped classrooms. Heliyon, 10(7), e29172. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29172

Profil, J., Masalah, P., Dari, P., & Smp, S. (2020). GAYA KOGNITIF FIELD-DEPENDENT DAN FIELD-INDEPENDENT SEBAGAI. June. https://doi.org/10.30762/f

Rahmawati, Handayanto, S. K., & Dasna, I. W. (2018). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 286–290.

Reno, P., Geni, L., & Hidayah, I. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Abstrak. 6(1), 11–17.

Saidah, Z.-. (2021). Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme Perspektif Ibnu Khaldun Terhadap Karakteristik Belajar Siswa Milenial. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 110. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v6i2.9333

Sulistyowati, N., Widodo, A. T., & Sumarni, W. (2012). Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia. Chemistry in Education, 2(1), 49–55.

Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.410

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Sholikhan, S., & Sayyadi, M. (2024). Pengaruh Strategi Discovery Learning dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Fisika. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(2), 184–192. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10488

Issue

Section

Articles