Pengembangan Modul Eksperimen Fisika Berbantuan Phyphox Dalam Pengukuran Konstanta Pegas

Authors

  • Muhammad Sayyadi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Moh Ahsan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sholikhan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Chandra Sundaygara Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.11242

Keywords:

phyphox, teknologi, konstanta pegas

Abstract

Pada abad 21 perangkat ajar perlu terintegrasi dengan perkembangan teknologi. Perangkat ajar fisika didalamnya perlu mengandung unsur pendekatan scientific berbasis teknologi. Salah satu yang perlu diperhatikan dan dikembangkan adalah modul praktikum. Penggunaan modul praktikum yang tepat dan mengandung unsur teknologi di dalamnya akan menciptakan suasana yang yang menyenangkan sehingga menambah minat peserta didik dalam bereksperimen. Salah satu perangkat ajar yang dibutuhkan berupa pengembangan modul pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan modul berbantuan phyphox untuk menentukan nilai konstanta pegas dengan metode statis, dinamis, dan berbantuan phyphox. Teori yang digunakan dalam pengembangan modul adalah analyze, design, develop, implement, dan evaluate yang disingkat ADDIE. Modul divalidasi oleh 3 validator dengan uji terbatas pada 12 mahasiswa. Hasil yang didapat dari validator tentang isi materi, media, maupun dari responden dengan kriteria layak. Semakin besar pemuluran pada pegas, maka nilai k yang di dapatkan akan semakin kecil. Hal ini menunjukkan bahwa nilai k berbanding terbalik dengan besar kecilnya simpangan atau pertambahan panjang pada pegas (Δx).

References

Ardhuha j., Wahyudi, dan Kosim. (2013): Pengembangan panduan praktikum fundamental of physics II sebagai bahan ajar untuk mendukung pelaksanaan praktikum pada program khusus PGMIPABI di FKIP Unram: Jurnal Kependidikan, 12(1), 37-41.

Dari, R. W., & Nasih, N. R. 2019. Identifikasi Tingkat Kps Mahasiswa Praktikum Pembiasan Kaca Plan Paralel Menggunakan Panduan Praktikum Berbasis E-Modul. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya), 3(2), 47–57.

Fatmawati, I., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Setrada (Seni Tari Dan Drama) Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 14–24.

Giudice Johari, G. Lo. 2018. Davvero prof prendiamo i nostri cellulari ? Fisica in Mobile Learning.

Halliday, David dan Resnick. (2012). Fisika Dasar Edisi 7 Jlid 1, Jakarta: Erlangga, 419.

Hamid, A., dan Syukri, M., & Shalina, P. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Fisika Dasar I

Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 9 (2), 143-153

Imam. (2019). Pengaplikasian Smartphone Sebagian Media Komunikasi Interpersonal di Kalangan Pegawai di Kementrian Agama Kabupaten Aceh Barat. Malaysia: Internasional Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 1(2), 344-369.

Johari, A. H., & Muslim. 2018. Application of experiential learning model using simple physical kit to increase attitude toward physics student senior high school in fluid. Journal of Physics: Conference Series, https://doi.org/10.1088/1742 6596/1013/1/012032 1013(1).

Nurfadilah, N., Ishafit, I., Herawati, R., & Nurulia, E. (2019). Pengembangan Panduan Eksperimen Fisika Menggunakan Smarthphone dengan Aplikasi Phyphox Pada Materi Tumbukan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2), 101–107.

Risal, Zef, Rachman Hakim dan Aminol Rosid Abdullah. Metode Penelitian Dan Pengembangan Research and Development (R&D) Konsep, Teori-Teori, dan Desain Penelitian. Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Staacks, S., Hütz, S., Heinke, H., & Stampfer, C. 2018. Advanced tools for smartphone-based experiments: Phyphox. Physics Education, 53(4), 1–8.

Zulfitria, Z. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 1(2).

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sayyadi, M., Ahsan, M., Sholikhan, & Sundaygara, C. (2024). Pengembangan Modul Eksperimen Fisika Berbantuan Phyphox Dalam Pengukuran Konstanta Pegas. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(4), 301–310. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.11242

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>