Pengaruh Model Blended Learning menggunakan Schoology Terhadap Prestasi Belajar ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa

Authors

  • Siti Farhatus Tsaniyah Universitas Kanjuruhan
  • Hena Dian Ayu Universitas Kanjuruhan
  • Hestiningtyas Yuli Pratiwi Universitas Kanjuruhan

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3236

Keywords:

Blended Learning, Schoology, Prestasi Belajar, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi antara yang belajar menggunakan model blended learning dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA MAN Baureno Bojonegoro dan sampelnya yaitu kelas XI-MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig 0,045 ≤ 0,05, artinya ada perbedaan prestasi belajar pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi antara yang belajar menggunakan model blended learning dan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, siswa dengan kemandirian tinggi yang mengikuti blended learning menggunakan scholoogy cenderung belajar lebih baik dan akan senantiasa bersaing untuk menunjukkan hasil yang terbaik..

Downloads

Published

2019-03-31

How to Cite

Tsaniyah, S. F., Ayu, H. D., & Pratiwi, H. Y. (2019). Pengaruh Model Blended Learning menggunakan Schoology Terhadap Prestasi Belajar ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 1(1), 71–77. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3236

Issue

Section

Articles