PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GERAK LURUS

Authors

  • Susanti Maryeni Putri Ledi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sholikhan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Akhmad Jufriadi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.5932

Keywords:

Inkuiri terbimbing, motivasi, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mengetahui kualitas keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa (2) mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran Inkuiri terbimbing (3) mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Inkuiri terbimbing. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Bahrul Ulum Jatisari Tajinan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Peniliaian motivasi belajar siswa dilakukan melalui observasi sedangkan untuk prestasi belajar siswa dilakukan melalui test. Data yang diperoleh akan di gunakan untuk mengetahui presentase setiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 69,64 % sedangkan pada siklus II sebesar 94,64 %. Motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 70,58 % sedangkan pada siklus II sebesar 95,69 %. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siklus I adalah sebesar 63 dan siklus II sebesar 79, dengan tingkat keberhasilan belajar pada siklus I sebesar 41,67 % sedangkan pada siklus II sebesar 83,33 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.

References

Andriyani, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Skripsi tidak diterbitkan.
Azizaturredha, M, dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Media Laboratorium Virtual (PhET) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains dan Minat Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2.
Chomaidi & Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran:Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.
Rasyidah, K, dkk. (2018). Pengaruh Guided Inquiry berbantuan PhET Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 7 No. 2, 129.
Saputri, K. M. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Self Regulated Learning (SRL). Malang: Skripsi: tidak diterbitkan.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Simbolon, D. H. & Syahrar. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil Dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 21:3, 303.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Putri Ledi, S. M. ., Sholikhan, & Jufriadi, A. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GERAK LURUS. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(2), 153–157. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.5932

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2