Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Konsep Fisika SMP Melalui Penerapan Model Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10272Keywords:
Discovery Learning , Motivasi , Pemahaman Konsep , KetuntasanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep dengan menerapkan model Discovery Learning. Subjek dalam peneltian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 08 Poco Ranaka Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Materi pada penelitian ini adalah materi Usaha dan Pesawat sederhana pada materi Fisika SMP. Instrumen motivasi dikembangkan dalam bentuk observasi sedangkan instrumen pemahaman konsep dalam bentuk tes. Data dianalisis menggunakan tiga jalur kegitan yaitu redukasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar dari siklus I ke siklus II, rata-rata sebesar 19,6%, sedangkan peningkatan dari kondisi awal tantang pemahaman konsep sebesar 15,5%. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan siswa yang mencapai ketuntasan (KKM) dari kondisi awal 39,4% menjadi 88,2% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah model discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajaran dan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 08 Poco Ranaka.
References
Agustini, N.L.N.S. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Eksperimen pada Pelajaran Kimia. Mimbar Ilmu. 24(3). pp. 406-416. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21684
Ana, N.Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. JIPP. 2 (1): pp. 21-28. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851
Atika, N, Sahade, & Hasyim, S. H. (2023). Pengaruh Bimbingan Guru Di Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kelas XI Program Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri 7 Makassar. EDUKASI. 21(3): pp. 550-555. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/article/view/6841
Bruner, J. S. (1961). The Act of Discovery. Harvard Educational Review, 31 (1), 21– 32.
Carolina, Y.D. (2023). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru. 8(1). pp.10-16. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/448
Gaol, A.F.L., Nelyahardi, & Yaksa, R.A. (2023). Faktor Motivasi dalam Mendorong Keberhasilan Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Journal on Education. 5(2). pp. 2801-2807. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/927
Hannya, & Kristin, F. (2020). Meta Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. 4(3). pp. 529–536. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29462.
Hapsari, G.P.P. & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu. 5(4). pp. 2384-2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237
Hendrizal. (2020). Rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Risert Pendidikan Dasar dan Karakter. 2(1). pp. 44-53. https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/57
Ilyas., Liu, A.N.A.M. (2020). The Effect of Based E-learning Contextual Approach on Student Learning Motivation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 6(2), xx-xx. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/425
Isnawati, N., Harjono, A & Gunada, I.W. (2020). Hasil Belajar Fisika Dengan Model Discovery Learning Ditinjau Dari Motivasi Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia. 2 (1), pp. 11-15. https://jpfis.unram.ac.id/index.php/jppfi/article/view/26
Kurniati, Ain. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Rainstek, Jurnal Terapan Sains dan Teknologi. 5(3). pp. 222-231. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst/article/view/9185/4200
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Machanical Engineering Education. 4(2). Pp. 156-162. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/9627
Normaya, K. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1). 92–104. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Periandani, P.N., Gita, I.N., & Sariyasa. (2019). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia. 8(2). pp. 93-101. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/2847
Pianda, D., & Darmawan, J. (2018). Best Practice: Karya Guru Inovatif yang Inspiratif (Menarik Perhatian Peserta Didik). Sukabumi: CV. Jejak.
Tapa, I.G.W., Dantes, N., & Gunamatha, I.M. (2023. Model Discovery Learning Berbasis Masalah Kontekstual Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. 7(2): p.p. 305-315. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60595
Rutumalessy, M., Sudyana, N., Azis, A.A., and Suroso, A. (2023). The Implementation of Contextual Learning and Teaching Method in Improving Students Learning Achievement. Journal on Education, 5(4), pp. 16.262-16.267. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2771
Rahayu, H & Hardini, A.T.A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), pp. 193-200. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Safitri, R.L. & Azizah, S. (2023). Implementation of Discovery Learning Model in Improving Students’ Activity on Social Studies Subject. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosia dan Imu-Imu Sosial. 5(2). pp.267-282. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/entita/article/view/10349
Tegeh, I.M., Pratiwi, N. L. A., & Simamora, A.H. (2019). Hubungan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal IKA. 17(2). Pp. 150.170. DOI:10.23887/ika.v17i2.19850
Tapa, I.G.W., Dantes, N., & Gunamatha, I.M. (2023. Model Discovery Learning Berbasis Masalah Kontekstual Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. 7(2): p.p. 305-315. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60595
Trianto. 2010. Model Pembmelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana.
Triyono. (2024). Using The Discovery Learning Model to Improve Students' Activities and Learning Outcomes in Vocational High School. Vidya Karya. 39(1). pp. 30-37. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JVK/article/view/18720
Usa, S.L. & Muhudiri, F. (2021). Pengaruh Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sampolawa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. 7(1). pp. 87-92. https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/issue/view/35
Yuliani, H. (2017). Pembelajaran Fisika Menggunakan Media Animasi Macromedia Flash-Mx Dan Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 06 (1) (2017) 13-21. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/issue/view/204
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi