Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Konsep Fisika SMP Melalui Penerapan Model Discovery Learning

Authors

  • Nurul Ain Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Akhmad Jufriadi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Natalia Tiu Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10272

Keywords:

Discovery Learning , Motivasi , Pemahaman Konsep , Ketuntasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep dengan menerapkan model Discovery Learning. Subjek dalam peneltian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 08 Poco Ranaka Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Materi pada penelitian ini adalah materi Usaha dan Pesawat sederhana pada materi Fisika SMP. Instrumen motivasi dikembangkan dalam bentuk observasi sedangkan instrumen pemahaman konsep dalam bentuk tes. Data dianalisis menggunakan tiga jalur kegitan yaitu redukasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar dari siklus I ke siklus II, rata-rata sebesar 19,6%, sedangkan peningkatan dari kondisi awal tantang pemahaman konsep sebesar 15,5%. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan siswa yang mencapai ketuntasan (KKM) dari kondisi awal 39,4% menjadi 88,2% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah model discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajaran dan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 08 Poco Ranaka.

References

Agustini, N.L.N.S. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Eksperimen pada Pelajaran Kimia. Mimbar Ilmu. 24(3). pp. 406-416. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21684

Ana, N.Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. JIPP. 2 (1): pp. 21-28. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851

Atika, N, Sahade, & Hasyim, S. H. (2023). Pengaruh Bimbingan Guru Di Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kelas XI Program Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri 7 Makassar. EDUKASI. 21(3): pp. 550-555. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/article/view/6841

Bruner, J. S. (1961). The Act of Discovery. Harvard Educational Review, 31 (1), 21– 32.

Carolina, Y.D. (2023). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru. 8(1). pp.10-16. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/448

Gaol, A.F.L., Nelyahardi, & Yaksa, R.A. (2023). Faktor Motivasi dalam Mendorong Keberhasilan Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Journal on Education. 5(2). pp. 2801-2807. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/927

Hannya, & Kristin, F. (2020). Meta Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. 4(3). pp. 529–536. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29462.

Hapsari, G.P.P. & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu. 5(4). pp. 2384-2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237

Hendrizal. (2020). Rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Risert Pendidikan Dasar dan Karakter. 2(1). pp. 44-53. https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/57

Ilyas., Liu, A.N.A.M. (2020). The Effect of Based E-learning Contextual Approach on Student Learning Motivation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 6(2), xx-xx. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/425

Isnawati, N., Harjono, A & Gunada, I.W. (2020). Hasil Belajar Fisika Dengan Model Discovery Learning Ditinjau Dari Motivasi Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia. 2 (1), pp. 11-15. https://jpfis.unram.ac.id/index.php/jppfi/article/view/26

Kurniati, Ain. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Rainstek, Jurnal Terapan Sains dan Teknologi. 5(3). pp. 222-231. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst/article/view/9185/4200

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Machanical Engineering Education. 4(2). Pp. 156-162. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/9627

Normaya, K. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1). 92–104. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Periandani, P.N., Gita, I.N., & Sariyasa. (2019). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia. 8(2). pp. 93-101. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/2847

Pianda, D., & Darmawan, J. (2018). Best Practice: Karya Guru Inovatif yang Inspiratif (Menarik Perhatian Peserta Didik). Sukabumi: CV. Jejak.

Tapa, I.G.W., Dantes, N., & Gunamatha, I.M. (2023. Model Discovery Learning Berbasis Masalah Kontekstual Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. 7(2): p.p. 305-315. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60595

Rutumalessy, M., Sudyana, N., Azis, A.A., and Suroso, A. (2023). The Implementation of Contextual Learning and Teaching Method in Improving Students Learning Achievement. Journal on Education, 5(4), pp. 16.262-16.267. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2771

Rahayu, H & Hardini, A.T.A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), pp. 193-200. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Safitri, R.L. & Azizah, S. (2023). Implementation of Discovery Learning Model in Improving Students’ Activity on Social Studies Subject. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosia dan Imu-Imu Sosial. 5(2). pp.267-282. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/entita/article/view/10349

Tegeh, I.M., Pratiwi, N. L. A., & Simamora, A.H. (2019). Hubungan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal IKA. 17(2). Pp. 150.170. DOI:10.23887/ika.v17i2.19850

Tapa, I.G.W., Dantes, N., & Gunamatha, I.M. (2023. Model Discovery Learning Berbasis Masalah Kontekstual Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. 7(2): p.p. 305-315. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60595

Trianto. 2010. Model Pembmelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana.

Triyono. (2024). Using The Discovery Learning Model to Improve Students' Activities and Learning Outcomes in Vocational High School. Vidya Karya. 39(1). pp. 30-37. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JVK/article/view/18720

Usa, S.L. & Muhudiri, F. (2021). Pengaruh Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sampolawa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. 7(1). pp. 87-92. https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/issue/view/35

Yuliani, H. (2017). Pembelajaran Fisika Menggunakan Media Animasi Macromedia Flash-Mx Dan Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 06 (1) (2017) 13-21. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/issue/view/204

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Ain, N., Jufriadi, A., & Tiu, N. (2024). Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Konsep Fisika SMP Melalui Penerapan Model Discovery Learning. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(2), 143–151. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10272

Issue

Section

Articles