PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTORIAL RIDDLE DAN PROBLEM BASED LEARNING SECARA DARING

Authors

  • Yasinta Medi a:1:{s:5:"en_US";s:17:"Pendidikan Fisika";}
  • Maris Kurniawati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Chandra Sundaygara Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6143

Keywords:

prestasi belajar, pictorial riddle, problem based learning

Abstract

Tujuan penelitian ini guna mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar fisika siswa antara siswa yang belajar mempergunakan pembelajaran Pictorial Riddle serta  model pembelajaran PBL secara daring berbantuan aplikasi Google Classroom dan Whatsapp. Mempergunakan jenis penelitian quasi experiment dengan pretest-postest control group design. Terdapat kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu VIII A  serta VIII B dengan populasi semua siswa kelas VIII SMP NEGERI 2 Wagir. Instrumen yang dipergunakan yaitu prestasi belajar siswa dan lembar  keterlaksanaan model pembelajaran. Prestasi belajar siswa melalui soal tes pilihan ganda sedangkan lembar keterlaksanaan model pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi. Analsis uji anova satu jalur yaitu cara yang peneliti gunakan untuk menganalisis data dalam penelitian tersebut. Dan hasilnya menunjukan bahwa: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran pictorial riddle dan pembelajaran PBL secara daring berbantuan google classroom dan Whatsapp dapat dikategorikan sangat baik. Dilihat presentase keterlaksanaannya yaitu 95% sedangkan pada model pembelajaran PBL memperoleh presentase 92%. (2) Terdapat ketidaksamaan prestasi belajar fisika siswa antara siswa yang mempergunakan model pembelajaran Pictorial Riddle serta model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi google classroom dan whatsapp. Taraf signifikansi didapatkan 0,002 < 0,05. Nilai rata-rata pretasi belajar fisika siswa yang belajar dengan Pictorial Riddle adalah 77,50 dan yang menggunakan model pembelajaran PBL 71,31.

References

Ariani, T. & Wulandari, T. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Inquiry Kelas X Di SMA Negeri 8 Lubuklinggau, jurnal Prodi Pendidikan Fisika dan Fisika, 5(1): 1–8.

Diarini, I. G. A. A. S., Ginting, M. F. B., & Suryanto, I. W. (2020). “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melalui Pembelajaran Daring Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar”. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 253–265.

Fay, I. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Tipe Pictorial Riddle Terhadap Prestasi Belajar Matematika, Skripsi, hal. 1–13.

Hasanah, E., Darmawan, D. & Nanang (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran.4(1): 826-838.

Hafidza, I., & Dwikoranto. (2019). Penerapan Model Pemmbelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. jurnal Inivasi Pendidkan Fisika 8(2): 531–34.

Izzati, I. H. N., & Wasis. (2018). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd)” Berbasis Pictorial Riddle Untuk Melatihkan Kemampuan Representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 07(02), 221–226.

Inaya, A. N. (2017). “Perbandingan model pembelajaran tipe pictorial riddle dan picture and picture terhadap hasil belajar siswa MTS syekh yusuf sungguminasa kabupaten gowa,” skripsi, hal. 1–69.

Mashuri (2018). Perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran concept attainment dan model pembelajaran pictorial riddle. Journal of Business Ethics, 14(3): 37–45.

Manalu, A., & Panjaitan, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Dalam Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA Tahun Ajaran 2020/2021 Jurnal Ilmiah Maksitek, 5(4), 80–81.
Qayyimah, U., Ahied, M., Qomaria, N., & Munawaroh, F. (2019). Pengaruh Metode Pictorial Riddle Berbantuan Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Natural Science Education Research 2(1): 68–76. Universitas Turnojoyo Madura.

Ratnawati, F. A. (2020). Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi dengan Aplikasi Google Classroom pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 49–55.

Rofiqoh, M., Bektiarso, S. & Wahyuni, S. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Learning Cycle 5E Berorientasi Keterampilan Proses Di Sma, Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 4(1): 69–74.

Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3): 144-159.

Sariningsih, R.& Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1): 163.”

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Medi, Y., Kurniawati, M., & Sundaygara, C. (2021). PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTORIAL RIDDLE DAN PROBLEM BASED LEARNING SECARA DARING. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 233–240. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6143

Issue

Section

Articles