Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik dengan Model Discovery Learning Berbasis Live Worksheet pada Pembelajaran Fisika

Authors

  • Dita Fitrin Nurilyasari a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas PGRI Kanjuruhan Malang";}
  • Chandra Sundaygara Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Sulistyorini Sulistyorini Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v5i2.8808

Keywords:

Discovery Learning, aplikasi live worksheet, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Pembelajaran paradigma baru berorientasi pada keterlibatan peserta didik di kelas. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik kelas XI MIPA 4 masih dalam kategori rendah sehingga berdampak pada hasil belajar kognitif yang tidak memenuhi kriteria ketercapaian minimum. Hal tersebut terjadi karena peran guru di kelas lebih dominan dan peserta didik kurang mengeksplorasi fasilitas pembelajaran dengan baik. Oleh karena itu, implementasi model Discovery Learning berbasis Live Worksheet digunakan sebagai upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran fisika. Penelitian ini  menggunakaan jenis penelitian tindakan kelas kolaboratif antara peneliti, guru mata pelajaran, dan ahli bidang fisika. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XI MIPA 4 SMAN 6 Malang tahun ajaran 2022/2023 yang dilaksanakan selama tiga siklus pembelajaran. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat prosedur meliputi penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning berbantuan Live Worksheet dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran fisika.

References

Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116

Anisa, E. N., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. 283–295.

Era Siska Amyani, Irwandi Ansori, S. I. (2018). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL PENDAHULUAN Pendidikan adalah usaha terencana untuk membantu peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri yang diperlukan bagi diri sendiri , masyarakat , bangsa dan negara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 15–20.

Hurrahma, M., & Sylvia, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbasis Liveworksheet dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik di Kelas XI IPS SMA N 5 Padang. 4(1), 14–22.

Ikatan, J., Fisika, A., Negeri, U., Fisika, J., & Medan, U. N. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR Muhammad Kadri dan Meika Rahmawati. 1(1), 29–33.

Kelas, S., Sd, I. I. I., Selomoyo, N., Tahun, M., Bunawi, A. W., Aprilia, N., Rahayu, Y., & Dahlan, A. (2021). 1 , 2 , 3 1. 4, 1570–1581.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Action Research Planner Book. In Springer Science+Bussiness Media Singapore.

Marsila, W., Connie, C., & Swistoro, E. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.1-8

Mispa, R., Prahatama Putra, A., & Zaini, M. (2022). Penggunaan E-Lkpd Berbasis Live Worksheet pada Konsep Protista terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sman 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 2134–2145. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i1.478

Muhamad, N. (2013). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. 9–22.

Newton, H., Jaya, S. M. A. B., & Newton, H. (2021). PENGEMBANGAN E- LKPD INTERAKTIF HUKUM NEWTON BERBASIS MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEETS DI SMA DEVELOPMENT OF NEWTON LAW INTERACTIVE E-LKPD BASED ON MOBILE LEARNING USING LIVE WORKSHEETS IN HIGH Diana Anjar Wati *, Lukman Hakim , Linda Lia Program Studi Pendidikan Fisika , FKIP Universitas PGRI Palembang Jl . Jendral Ahmad Yani lorong Gotong Royong 9 / 10 Ulu Palembang , Sumatera Selatan , kode pos 30251 , Indonesia * email : diana26shop@gmail.com. 10, 72–80.

Prabowo, A., Kendal, S., & Tengah, J. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Using Liveworksheet with Web-Based Applications to Improve Student Learning Outcomes. 1(10), 383–388.

Putri, D. R., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Siswa. 6(2), 296–307.

Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 94.

Rosyidah, N. F., Fauziyah, N., & Khikmiyah, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Problem Based Learning Menggunakan Web Liveworksheet Untuk Kelas Vii Smp. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 2(1), 138–145.

Samudra, G. B., Suastra, I. W., & Suma, K. (2014). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Nurilyasari, D. F., Sundaygara, C., & Sulistyorini, S. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik dengan Model Discovery Learning Berbasis Live Worksheet pada Pembelajaran Fisika. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 5(2), 153–162. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i2.8808

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2