Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Inkuiri Terbimbing
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v5i3.9185Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar, Berpikir KritisAbstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, berbantuan video animasi dan model konvensional, 2) adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, 3) adanya interaksi antara model inkuiri terbimbing berbantuan video animasi terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi Experiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pretes-posttes desain. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Singosari pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan VIII H SMP Negeri 1 Singosari dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis dan angket (kuisioner) motivasi belajar. Analisis data menggunakan analisis ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model Inkuiri Terbimbing dan model konvensional, 2) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, 3) ada interaksi antara model Inkuiri Terbimbing dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.2) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, 3) ada interaksi antara model Inkuiri Terbimbing dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.2) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, 3) ada interaksi antara model Inkuiri Terbimbing dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar, Berpikir Kritis
References
Adhe Marlina Antoni, F. H. 2021. Meta Analisis Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 10 (2): 135-141. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/29361
Ari Wariyanti, R. N. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa IV SD Pada Subtema Keindahan Alam Negeriku. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian dan Hasil Penelitian. Vol 5 (2). https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/4933
Ayu Cintya Dew, M. P. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal for Lesson and Learning Studies. Vol 1 (3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/15371
Ginanjar, A. 2015. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. Vol 45 (2): 123-129. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1507959&val=446&title=THE%20INFLUENCE%20OF%20INQUIRY%20METHOD%20IN%20MOTIVATING%20THE%20SMP%27%20STUDENTS
Hani Nur’Azizah, A. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi dan Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah. Vol 1(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/2931/1958
Hasan, D. R. (2019). Pengaruh Pembelajaran Model Inkuiri terhadap Keaktifan dan Hasil BelajarKognitif Siswa di SMK Negeri 2 Pagar Alam. Jurnal PROSIDING. https://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/download/186/119/291
Istakarini, S. 2018. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Melakukan Percobaan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 14. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/10995/10541
Lalu Sunarya Amijaya, A. R. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA. 13 (2): 94-99. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/468
Mohammad Wisolus Solihin, S. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 299-306.
Ni Ketut Udiani, A. M. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Mengendalikan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SA No 7. Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 7 (1). https://media.neliti.com/media/publications/125124-ID-pengaruh-pembelajaran-inkuiri-terbimbing.pdf
Nikmatun Hasanah, M. C. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Tema Cita-Citaku. Jurnal UNY. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/downloadSuppFile/25003/5212
Nurfiyanti, N., & Widodo, W. (2017). Kelayakan KIT IPA Sebagai Alat Praktikum. 5(03),
Sri, S. (2017). Pengaruh Motivasi terhadap Berpikir Kritis. 3(1), 1–20.
Putra, M. 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jambura Economic. Jurnal Education . Vol 3(2). https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jej/article/download/10391/3129
Putri, N. 2018. Studi Komparatif Metode Guided Inquiry Learning dan Metode Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Indonesian Of Economic Education. Vol 1(1): 17-30. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJEE/article/download/10784/6621.
P.Y. Darayanti, I. S. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Platform Google Classroom Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia.
Rasdi Zamad, S. S. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate pada Konsep Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan MIPA Saintifik@. Vol 4 (2): 25-30. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/Saintifik/user/setLocale/NEW_LOCALE?source=%2Findex.php%2FSaintifik%2Farticle%2Fview%2F1391%2F1114
Reni Appang Allo, S. P. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Animasi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 30 Makassar (Studi pada Materi Pokok Karakteristik Zat). Jurnal Chemica. Vol 18 (2): 80-89. https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/5900
Samrah. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Budong-Budong. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/10710-Full_Text.pdf
Sukma, L. K. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Quided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Saintifika. 18 (1): 59-63. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/stf/article/view/3185
Tessy Furmanti1, R. H. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi dan Keaktifan Siswa di SMP N 5 Seluma. Jurnal Prosiding. https://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/175
Triyono, S. H. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan di SMP Negeri 9 Halmahera Utara. Jurnal Bioedukasi. V0l 5 (2). https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/bioedu/article/view/5477
Yono Edy Kristanto, H. S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 22 (2). http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7750.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi