Peningkatan Hasil Belajar IPAS Model TGT pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Peningkatan Hasil Belajar IPAS Model TGT pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Authors

  • Fara Zulfa Kurnia Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Adna Arum Ambarwati SDN Tanjungrejo 2 Malang
  • I Ketut Suastika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v7i2.12034

Keywords:

team games tournament (tgt), Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Peserta didik dengan pemahaman konsep yang baik akan lebih mudah membedakan fenomena alam seperti iklim, musim, dan cuaca. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang, ditemukan permasalahan bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan membedakan antara iklim, musim, dan cuaca serta menunjukkan partisipasi rendah dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada materi iklim dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A SDN Tanjungrejo 2 Malang yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar dari prasiklus sebesar 29%, menjadi 54% pada siklus I, dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS materi iklim dan perubahannya pada peserta didik kelas IV-A SDN Tanjungrejo 2.

References

Aryani, N., & Asror, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Kelas IV SDI Wahid Hasyim. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2665-2667

Fadilah, S., Srihartatik, A., Adelia, A., Fhatiya, A., Siregar., & Hidayat, T. (2024). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran Teks Pidato Persuasif Kelas IX B SMP Negeri 2 Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025. Jurnal Literasi, 8(2), 253-255

Fariza, A., Hasibuan, A., Simamora, C., Ermawan, M., Siregar, N., Mirzah, M., & Gaol, S. (2025). Miskonsepsi Siswa Sekolah Dasar tentang Konsep IPA: Studi Kasus di kelas VISDN 024755. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 208-209

Hamdani, M., Mawardi., & Wardani, K., (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 442-445

Imam, M. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?. Indonesian Journal Research, 1(2), 320-321.

Kurniawati, R., & Daniamiseno, A. G. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PPKn. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 45–53.

Maidiana, M. (2021). Penelitian survey. Journal of Education, 1(2), 20–29.

Mega, A., Fitriani, N., & Setiawan, R. (2024). Proses Pembelajaran Konstruktivisme yang Bersifat Generatif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 2–3.

Miftahuddin. (2016). Analisis Unsur-unsur Cuaca dan Iklim Melalui Uji Mann-Kendall Multivariat. Jurnal Matematika, Statistika, & Komputasi, 13(1), 27-28

Pantjawati, E. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Wawasan Pendidikan, 9(2), 123–131

Robert E. Slavin. (2020), Educational Psychology: Theory and Practice, edisi ke-12. Boston: Pearson, 204.

Sulistyo, E. B., & Mediatati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 233–240.

Suriani, N., Risnita., Jailani, M. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 26–28.

Susanti, R. (2023). Efektivitas Media Permainan dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 11(2), 85–91.

Suyatno. (2021). Strategi Pembelajaran Inovatif: Model, Pendekatan, dan Teknik dalam Pembelajaran. Surabaya: Lintang Rasi Aksara Books, 52-53.

Ultavia, A., Jannati, P., Malahati, F., Qathrunnada., & Shaleh. (2023). Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 343–344.

Walfiani, W., Kurnia, D., & Irawati, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 87–95.

Wulan, S., Kurniawati, R., Komaladewi, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(6), 4-5.

Yuliawati. (2021). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 356–358.

Zuriatun, H., & Himami, A. (2021). Model Pembelajaran Koopertif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 11–12.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Fara Zulfa Kurnia, Ambarwati, A. A., & Suastika, I. K. (2025). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Model TGT pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 7(2), 110–119. https://doi.org/10.21067/jtst.v7i2.12034

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Loading...