Students' Questioning Skills on Systems of Linear Equations in Two Variables through Problem Based Learning

Authors

  • Mery Lia Anggraenia Universitas Madura
  • Moh Zayyadi Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.21067/pmej.v7i2.10355

Keywords:

Keterampilan bertanya, Pembelajaran Berbasis Masalah, SPLDV, Probing, Divergen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan bertanya siswa pada materi sistem persamaan linear dua varibel menggunakan problem-based learning pada kelas VIII di SMP Al-Islamiyah Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa kelas VIII memiliki keterampilan bertanya yang berbeda-beda. Ternyata hal tersebut dapat dilihat dari cara siswa menyelesaikan sebuah permasalahan yang sedang dihadapi, cara siswa menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh guru, dan cara mereka mengajukan pertanyaan. Rata-rata subjek dapat membuat pertanyaan, tetapi dari segi konteks dan kualitas pertanyaan setiap subjek bervariasi serta memiliki ciri khas masing-masing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ameliah, I. H., Munawaroh, M., & Muchyidin, A. (2016). Pengaruh keingintahuan dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kels VII MTsN negeri 1 kota Cirebon. jurnal syekh nur jati, 5(1), 9–21.

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Forum Paedagogik, VI(01), 72–89.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Handoko, H. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1711

Kunayah, D., & Fauziah, H. N. (2023). Analisis Kemampuan Bertanya Siswa Ditinjau dari Efikasi Diri. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 228–237. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.2500

Lestari, D. A. (2015). Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. Jurnal Widyagogik, 3(1), 66–79.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. jurnal formatif, 6(2), 149–160.

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602

Setyaningtyas, E. W. (2015). Potensi Metode 1 : 4 : P : C : R untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. jurnal pendidikan dan kebudayaan, 111–121.

Supriatna, I. (2019). Analisis kemaaampuan bertanya siswa pada mata pelajaran tematik di SDN 60 kota Bengkulu. jurnal pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, 2(2), 38–47.

Suryani, E. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLDV dan SPLTV). Jurnal Cerdas Sifa, 01(01), 1–10.

Wijayanti, N. A., & Khikmiyah, F. (2016). Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Vii Smp. Didaktika, 22(2), 99–109.

Zayyadi, M., As’ari, abdur rahman, Puspa, dwi riya, & Purnawati, L. (2021). Bertanya dan berpikir (Vol. 4, Nomor 1).

Zayyadi, M., Nusantara, T., Hidayanto, E., Sulandra, I. M., & Asari, A. R. (2019). Exploring prospective student teacher's question on mathematics teaching practice. JOTSE, 9(2), 228-237.

Zayyadi, M., & Lanya, H. (2023). Karakterisasi Pengajuan Pertanyaan Mahasiswa Calon Guru Sebagai Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Pi: Mathematics Education Journal, 6(1), 10-16.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Mery Lia Anggraenia, & Zayyadi, M. (2024). Students’ Questioning Skills on Systems of Linear Equations in Two Variables through Problem Based Learning. Pi: Mathematics Education Journal, 7(2), 93–99. https://doi.org/10.21067/pmej.v7i2.10355

Issue

Section

Articles