Students' Questioning Skills on Systems of Linear Equations in Two Variables through Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v7i2.10355Keywords:
Keterampilan bertanya, Pembelajaran Berbasis Masalah, SPLDV, Probing, DivergenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan bertanya siswa pada materi sistem persamaan linear dua varibel menggunakan problem-based learning pada kelas VIII di SMP Al-Islamiyah Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa kelas VIII memiliki keterampilan bertanya yang berbeda-beda. Ternyata hal tersebut dapat dilihat dari cara siswa menyelesaikan sebuah permasalahan yang sedang dihadapi, cara siswa menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh guru, dan cara mereka mengajukan pertanyaan. Rata-rata subjek dapat membuat pertanyaan, tetapi dari segi konteks dan kualitas pertanyaan setiap subjek bervariasi serta memiliki ciri khas masing-masing
Downloads
References
Ameliah, I. H., Munawaroh, M., & Muchyidin, A. (2016). Pengaruh keingintahuan dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kels VII MTsN negeri 1 kota Cirebon. jurnal syekh nur jati, 5(1), 9–21.
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Forum Paedagogik, VI(01), 72–89.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Handoko, H. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1711
Kunayah, D., & Fauziah, H. N. (2023). Analisis Kemampuan Bertanya Siswa Ditinjau dari Efikasi Diri. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 228–237. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.2500
Lestari, D. A. (2015). Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. Jurnal Widyagogik, 3(1), 66–79.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. jurnal formatif, 6(2), 149–160.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Setyaningtyas, E. W. (2015). Potensi Metode 1 : 4 : P : C : R untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. jurnal pendidikan dan kebudayaan, 111–121.
Supriatna, I. (2019). Analisis kemaaampuan bertanya siswa pada mata pelajaran tematik di SDN 60 kota Bengkulu. jurnal pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, 2(2), 38–47.
Suryani, E. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLDV dan SPLTV). Jurnal Cerdas Sifa, 01(01), 1–10.
Wijayanti, N. A., & Khikmiyah, F. (2016). Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Vii Smp. Didaktika, 22(2), 99–109.
Zayyadi, M., As’ari, abdur rahman, Puspa, dwi riya, & Purnawati, L. (2021). Bertanya dan berpikir (Vol. 4, Nomor 1).
Zayyadi, M., Nusantara, T., Hidayanto, E., Sulandra, I. M., & Asari, A. R. (2019). Exploring prospective student teacher's question on mathematics teaching practice. JOTSE, 9(2), 228-237.
Zayyadi, M., & Lanya, H. (2023). Karakterisasi Pengajuan Pertanyaan Mahasiswa Calon Guru Sebagai Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Pi: Mathematics Education Journal, 6(1), 10-16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal