Pengaruh Media Pembelajaran Couple Numerasi Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang

Authors

  • Amalia Revy Herninda a:1:{s:5:"en_US";s:24:"Universitas PGRI Jombang";}
  • Rudi Setiawan Universitas PGRI Jombang
  • Ahmat Dwi Hartono Universitas PGRI Jombang
  • Ghani Rafif Irawan Universitas PGRI Jombang
  • Abd Rozak Universitas PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.21067/pmej.v7i2.10472

Keywords:

Media Pembelajaran, Kemampuan Numerasi, Media Couple Numerasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Couple Numerasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A sejumlah 15 siswa dan kelas VIII B sejumlah 15 siswa yang membentuk kelompok baru dalam penelitian dengan teknik quota sampling. Metode pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest berjumlah 20 soal numerasi yang sudah tervalidasi oleh Tim Pusat Kampus Mengajar 7. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis Paired t Test. Berdasarkan data tabel hasil output SPSS.23 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 dengan  = 0,05. Hal ini berarti bahwa nilai Sig   sehingga  diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan numerasi antara sebelum dengan sesudah perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran Couple Numerasi berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R., Weriana, Siroj, R. A., & Win Afgani, M. (2023). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(Vol 9 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan), 465–474. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3165

Ari, S. (2024). Meningkatkan Disiplin Diri Siswa melalui Layanan Klasikal dengan Metode Diskusi dan Projek Based Learning. Journal on Education, 06(02), 13758–13768. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/download/5222/4136

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

Benedicta Dwi Adventyana1, E. N. A. A. M. A. M. S. F. N. F. P. (2024). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Bagi Guru dan Peserta Didik. Journal on Education, volume 6(Pendidikan), 1–9. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/download/4980/3922

Fauziah, R., & Sofian Hadi, M. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721. https://jim.usk.ac.id/sejarah

Fitriana, I. A., Andinasari, A., & Utari, R. S. (2023). Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 312–318. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2790

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Hidayat, M. F., Nurwiani, & Tristanti, L. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Mengontrol Kemampuan Berpikir Kritis. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 101–107. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7471

Lv, S., Chen, C., Zheng, W., & Zhu, Y. (2022). The Relationship Between Study Engagement and Critical Thinking Among Higher Vocational College Students in China: A Longitudinal Study. Psychology Research and Behavior Management, 15, 2989–3002. https://doi.org/10.2147/PRBM.S386780

Meilani, D., & Aiman, U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbasis 4C Berbantuan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4146–4151. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1522

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301

Nurudin, N. (2023). Pengembangan Media Kartu Domino Dengan Pendekatan Active Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 5(1), 364–376. https://journal.sinov.id/index.php/sinov/article/download/597/515

Riana, N. K. I., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 388. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27425

Rozak, A., & Fikrati, A. N. (2023). Efektivitas Instruksi Metakognitif terhadap Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 91–99. https://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm

Siswadi, G. A. (2024). Mengungkap Filsafat Pendidikan Di Balik Kurikulum Merdeka. Nilacakra.

Suherman, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik Kurikulum Merdeka Belajar Penjas SD. Indonesia Emas Group.

Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.

Wardani, N. E. K., & Zamzam, K. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Aljabar (Papinal) Bebasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Pi: Mathematics Education …, 7(1), 40–48. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/9841%0Ahttps://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/download/9841/4337

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Herninda, A. R., Setiawan, R., Hartono, A. D., Irawan, G. R., & Rozak, A. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Couple Numerasi Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang . Pi: Mathematics Education Journal, 7(2), 84–92. https://doi.org/10.21067/pmej.v7i2.10472

Issue

Section

Articles