Pengaruh Media Pembelajaran Couple Numerasi Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v7i2.10472Keywords:
Media Pembelajaran, Kemampuan Numerasi, Media Couple NumerasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Couple Numerasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Sunan Ampel Jombang Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A sejumlah 15 siswa dan kelas VIII B sejumlah 15 siswa yang membentuk kelompok baru dalam penelitian dengan teknik quota sampling. Metode pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest berjumlah 20 soal numerasi yang sudah tervalidasi oleh Tim Pusat Kampus Mengajar 7. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis Paired t Test. Berdasarkan data tabel hasil output SPSS.23 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 dengan = 0,05. Hal ini berarti bahwa nilai Sig sehingga diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan numerasi antara sebelum dengan sesudah perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran Couple Numerasi berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa.
Downloads
References
Akbar, R., Weriana, Siroj, R. A., & Win Afgani, M. (2023). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(Vol 9 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan), 465–474. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3165
Ari, S. (2024). Meningkatkan Disiplin Diri Siswa melalui Layanan Klasikal dengan Metode Diskusi dan Projek Based Learning. Journal on Education, 06(02), 13758–13768. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/download/5222/4136
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
Benedicta Dwi Adventyana1, E. N. A. A. M. A. M. S. F. N. F. P. (2024). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Bagi Guru dan Peserta Didik. Journal on Education, volume 6(Pendidikan), 1–9. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/download/4980/3922
Fauziah, R., & Sofian Hadi, M. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721. https://jim.usk.ac.id/sejarah
Fitriana, I. A., Andinasari, A., & Utari, R. S. (2023). Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 312–318. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2790
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Hidayat, M. F., Nurwiani, & Tristanti, L. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Mengontrol Kemampuan Berpikir Kritis. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 101–107. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7471
Lv, S., Chen, C., Zheng, W., & Zhu, Y. (2022). The Relationship Between Study Engagement and Critical Thinking Among Higher Vocational College Students in China: A Longitudinal Study. Psychology Research and Behavior Management, 15, 2989–3002. https://doi.org/10.2147/PRBM.S386780
Meilani, D., & Aiman, U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbasis 4C Berbantuan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4146–4151. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1522
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Nurudin, N. (2023). Pengembangan Media Kartu Domino Dengan Pendekatan Active Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 5(1), 364–376. https://journal.sinov.id/index.php/sinov/article/download/597/515
Riana, N. K. I., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 388. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27425
Rozak, A., & Fikrati, A. N. (2023). Efektivitas Instruksi Metakognitif terhadap Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 91–99. https://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm
Siswadi, G. A. (2024). Mengungkap Filsafat Pendidikan Di Balik Kurikulum Merdeka. Nilacakra.
Suherman, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik Kurikulum Merdeka Belajar Penjas SD. Indonesia Emas Group.
Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.
Wardani, N. E. K., & Zamzam, K. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Aljabar (Papinal) Bebasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Pi: Mathematics Education …, 7(1), 40–48. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/9841%0Ahttps://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/download/9841/4337
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal