Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model Pisa dengan Konten Change and Relationship
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v7i2.10497Keywords:
Literasi Matematis, Soal Matematika Model PISA, Konten Change and RelationshipAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa SMP dengan skor tes tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal matematika model PISA dengan konten change and relationship. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas IX SMP Negeri 33 Gresik. Subjek penelitian ini sebanyak tiga siswa yang terdiri atas satu siswa dengan tingkat skor tes tinggi, satu siswa dengan tingkat skor tes sedang, dan satu siswa dengan tingkat skor rendah. Instrumen yang digunakan meliputi tes soal matematika model PISA dengan dengan konten change and relationship, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis data hasil tes soal matematika model PISA dengan konten change and relationship, dan analisis data wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi matematis. Siswa dengan skor tes tinggi mampu mengidentifikasi informasi, mengubah masalah ke dalam model matematika, menggunakan strategi yang tepat, menafsirkan hasil ke dalam masalah kontekstual, dan mengevaluasi hasil dengan pengecekan langkah-langkah baik dalam konteks pribadi maupun sosial. Siswa dengan skor tes sedang dapat mengidentifikasi informasi, mengubah masalah ke dalam model matematika, menggunakan strategi yang tepat, menafsirkan hasil ke dalam konteks masalah, dan mengevaluasi hasil dengan pengecekan langkah-langkah baik pda soal dengan konteks pribadi, sedangkan pada konteks sosial siswa dengan skor tes sedang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan serta siswa tidak dapat menafsirkan dan mengevaluasi hasil. Siswa dengan skor tes rendah mampu mengidentifikasi informasi dan mengubah masalah ke dalam model matematika, namun mengalami kesulitan dalam menggunakan strategi yang tepat, menafsirkan hasil, dan mengevaluasi langkah-langkah, sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan soal secara lengkap baik pada konteks pribadi maupun sosial. Hasil penelitian ini memberikan informasi yang berkaitan dengan deskripsi literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika model PISA dengan konten change and relationship. Sehingga, guru dapat merancang strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang sesuai dengan standar PISA.
Downloads
References
Ambarwati, B. T., Matematika, P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2022). Analisis Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Proporsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2).
Fadillah, F., & Rahman Munandar, D. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa pada soal PISA di SMPN 2 Karawang Barat (Vol. 15).
Firdaus, A. M. (2024). Investigasi literasi matematika siswa SMPN 21 makassar: bagaimana literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA? 13(1).
Jannah, M., Rahayu, D. S., & Wulan, E. R. (2022). Profil Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prestasi Belajar Matematika. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 62–77. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.618
Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). Perlevelan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship.
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. In PRISMA : Prosiding Seminar Nasional Matematika. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Musa, M., Suprapti, E., & Soemantri, S. (2018). Analisis Strategi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2).
Nasir, N. M., Hashim, Y., Zabidi, S. F. H. A., Awang, R. J., & Zaihidee, E. M. (2013). Preliminary study of student performance on algebraic concepts and differentiation. World Applied Sciences Journal, 21(SPECIAL ISSUE3), 162–167. https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2013.21.am.21140
NCTM. (2000). Principles Standards and for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nila Farida, R., Qohar, A., Rahardjo, S., Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika, P., Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F., & Negeri Malang Jalan Semarang, U. (2021a). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. 05(0), 2802–2815.
Nila Farida, R., Qohar, A., Rahardjo, S., Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika, P., Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F., & Negeri Malang Jalan Semarang, U. (2021b). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. 05(0), 2802–2815.
Nisa, F., & Faradiba, S. S. (2023). Profil Literasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Level Kemampuan Pemecahan Masalah Soal PISA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07, 1003–1019.
Nisa, F., & Sari Faradiba, S. (2023). Profil Literasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Level Kemampuan Pemecahan Masalah Soal PISA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(2), 1003–1019. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2211
Nizar, H., & Ilma Indra Putri, R. (2018). Developing Pisa-Like Mathematics Problem Using The 2018 Asian Games Football And Table Tennis Context. Journal on Mathematics Education, 9(2), 183–194.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use? In Journal of Mathematics Education © Education for All (Vol. 4, Issue 1).
Prabawati, M. N. (2018). Mosharafa. 7(1). http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa
Pratama, A. R., Saputro, D. R. S., & Riyadi, R. (2018). Problem solving of student with visual impairment related to mathematical literacy problem. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012068
Putri, I. P., Syamsudhuha, & Hasbiyati, I. (2016). Alternatif Menentukan Akar-Akar Persamaan Kuadrat Yang Bukan Bilangan Bulat. Jurnal Sains Matematika Dan Statistika, 2.
Samosir, E., & Abdul Aziz, T. (2023). Kemampuan Literasi dan Pemecahan Masalah Matematika: Bagaimana Keduanya Berkaitan? Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7.
Serang, I. R., Yusuf, S. M., Aba, M. M., Matematika, P., Keguruan, F., Pendidikan, I., & Kupang, U. M. (n.d.). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sma Muhammadiyah Kupang Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear. 5(1), 2024.
Stacey, K. (2011). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia (Vol. 2, Issue 2). www.oecd.org/pisa
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sukma Achriadi, T. S. (2021). Pemodelan Matematika Penyebaran COVID19 Tipe. Jurnal ASEECT, 2(2).
Syifa Utami, N., Riastuti, A., Anglia Banda Sutomo, W., Kurniati, N., Armania, P., & Jupri, A. (2023). Pembelajaran Bentuk-Bentuk Aljabar Berlandaskan pada Teori Situasi Didaktis pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Yayasan Graha Asuh Jabal 165 Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 3(1). https://journal.amikveteran.ac.id/
Talib, A., Mulbar, U., & Widyarti Hakman, dan. (2023). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Malunda Kabupaten Majene. In Issues in Mathematics Education (hal (Vol. 7, Issue 2). http://www.ojs.unm.ac.id/imed
Teresa, H., Zubaidah, & Nursangaji, A. (2020). Kemampuan Menyelesaikan Soal Pisa Pada Konten Change And Relationship. Jurnal AlphaEuclidEdu, 1(2).
Utaminingsih, R., & Subanji, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik pada Materi Program Linear dalam Pembelajaran Daring. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5656
Widayanti, E. (2017). Pemodelan Matematika dalam Optimalisasi Produk Pengolahan Susu Segar. 4(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal