PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MODEL TALKING STICK
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2782Keywords:
Hasil belajar matematika, Model Snowball Throwing, Model Talking StickAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Talking Stick. Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran dengan kegiatan memberikan pertanyaan kepada siswa lain dengan cara melempar bola kertas. Model pembelajaran Talking Stick merupakan model pembelajaran dengan media tongkat, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini dilakukan di SMA Asyariah Gintung, Tangerang pada bulan Maret sampai April 2017. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar matematika menggunakan model Snowball Throwing adalah 80,1 sedangkan rata-rata hasil belajar matematika menggunakan model Talking Stick adalah 60,83. Dalam penelitian komparasional ini, pengujian hipotesis statistik menggunakan uji – t. Hasil analisis data uji beda dua rata – rata hasil belajar matematika menggunakan uji – t diperoleh thitung = 6.712 dan ttabel = 2.002 dengan dk = 58 dan a = 0.05 Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Talking Stick.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Pendidikan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, Syarif. 2012. Profesi Kependidikan, Tangerang :Pustaka Mandiri.
Huda, Miftahul. 2013. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta:Pustaka Sinar Harapan.
Nana Syaodih, Sukmadinata. 2004. Landasan Psikologi Prosedur Pendidikan Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nurkancana, Wayan. 2013. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Offset.
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Afabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal