MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA BERBASIS IT MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA SEMESTER IV IAIN TULUNGAGUNG MELALUI SIKLUS SELF REGULATED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2788Keywords:
Self Regulated Learning, Matematika, ITAbstract
IAIN Tulungagung sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesiaberkewajiban turut serta mewujudkan generasi muda yang cerdas, bermoral, berakhlak, kreatif,
komunikatif, toleran dalam kehidupan dan tidak gagap teknologi. Semakin pesatnya
kemajuanTeknologi dan Informasi (IT) sangat berpengaruh terhadap perubahan kurikulum di
IAIN Tulungagung. Salah satu kurikulum yang telah berhasil diwujudkan adalah munculnya
matakuliah Pembelajaran Matematika Berbasis IT. Untuk mencapai tujuan dari matakuliah
tersebut diperlukan strategi khusus dalam mengajar. Banyak kendala yang harus dihadapi oleh
dosen ketika mengajarkannya. Sebagai contoh kurangnya sikap kemandirian mahasiswa dalam
belajar atau sering kita sebut dengan Self Regulated Learning (SRL). Rendahya SRL
mahasiswa ini berdampak pada rendahnya keterampilan juga nilai akademik mahasiswa. Oleh
karena itu tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan Pembelajaran
Matematika Berbasis IT mahasiswa melalui siklus SRL. Siklus tersebut terdiri dari beberapa
fase. Adapun fase-fase yang dimaksud adalah fase perencanaan (forethought), fase
menampilkan (performance), dan fase refleksi (reflection). Berdasarkan masalah di atas
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitiannya adalah mahasiswa
Semester IV A Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung. Sedangkan instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah lembar observasi, lembar tugas, dan
lembar tes praktik. Dan hasil yang didapatkan sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan semakin
meningkatnya kemampuan akademik dan terampilnya mahasiswa dalam mengoperasikan
berbagai macam software baru seperti Maple, Autoplay, Geogebra, Lectora Inspire, dan SPSS.
Downloads
References
Gandhi, H., & Varma, M. 2007.Promoting self-regulated learning in mathematics through some pedagogic strategies. JournalIndian Educational Review,43(1).
Malmberg, J., Järvelä, S. & Kirschner, P. A.2014. Elementary school students’ strategic learning: Does task-type matter?Metacognition and Learning, November, 1–24.
Mas’ud, Muhammad. 2014. Membuat Mulimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.
Pintrich, P.R. 2000. Self-regulation: Directions and challenges for future research. In M. Boekaerts & P.R. Pintrich (Eds.), Handbook of self-regulation (hlm.749-768). San Diego, CA: Academic Press.
Schunk, D. & Zimmerman, B. 2007.Influencing children’s self-efficacy and self-regulation of reading and writing through modeling. Reading & Writing Quarterly,23(1): 7-25.
Zimmerman, B. 2008. Investigating self-regulation and motivation: Historical background, methodological developments, and future prospects.American Educational Research Journal,45(1): 166-183.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal