ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MELALUI AKTIVITAS METAKOGNISI MATEMATIS

Authors

  • Dwi Purnomo Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2939

Keywords:

Aktivitas Metakognisi; Awareness; Evaluasi; Regulasi

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan mengetahui hubungan langsung antara kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah dengan aktivitas metakognisi yang dilakukannya selama memecahkan masalah. Untuk melihat hubungan tersebut, telah dipilih subyek penelitian sebanyak 36 mahasiswa yang terdiri dari 19 mahasiswa dari kelompok A dan 17 mahasiswa B. Sebelum pembelajaran, subjek penelitian diberi pre-test yang bertujuan untuk mengetahui homogenitas kemampuan awal. Hasil analisis mengggunakan uji t-test menunjukkan kemampuan awal subyek penelitian homogen. Peneliti selanjutnya melakukan pembelajaran matematika berbasis metakognisi dengan mengamati munculnya aktivitas awareness, evaluation, dan regulation sebagai komponen metakognisi. Penelitian diakhiri dengan pemberian angket metakognisi dan post-test. Angket metakognisi berupa 35 pernyataan yang meliputi 14 pernyataan indikator awareness, 11 pernyataan indikator evaluation, dan 10 pernyataan indikator regulation. Analisis hasil post-test menunjukkan kemampuan yang meningkat pada mahasiswa dalam memecahkan masalah. Analisis jawaban angket menunjukkan pola yang berbeda pada subjek penelitian dalam melakukan proses metakognisi. Akhirnya, analisis terhadap hasil post-test dan angket metakognisi menggunakan korelasi product moment dari Pearson menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah dengan aktivitas metakognisi dalam pembelajaran matematika. Hubungan tersebut ditunjukkan oleh koefisien r = 0,421 dengan persamaan regresi y = 60,83 + 0,292x. Hal ini menunjukkan bahwa semakin kompleks indikator aktivitas metakognisi dalam pembelajaran matematika akan mengakibatkan semakin baik pula kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cromley, J. G. (2005). Metacognition, Cognitive Strategy Instruction, and Reading in Adult Literacy. In Review of adult learning and literacy: Connecting research, policy, and practice, Vol. 5.(pp. 187–220). Mahwah, NJ, US: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Davidson, J. E., Deuser, R., & Sternberg, R. J. (1994). The role of metacognition in problem solving.

Hacker, D. J., & Dunlosky, J. (n.d.). Handbook of metacognition in education. Diambil dariwww.routledge.com/

Karan, E. P., & Irizarry, J. (2014). Effects of meta-cognitive strategies on problem solving ability in construction education. In50th ASC Annual International Conference Proceedings. Diambil darihttp://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&cad=rja&uact=8&ved=0CDoQFjAE&url=http://ascpro0.ascweb.org/archives/cd/2014/paper/CEUE175002014.pdf&ei=I-rQVOCLLJX-sATHkIGQCw&usg=AFQjCNFY68hTNzZLIt4DfTjFhItCGBoJCQ&sig2=XxOyv

Kuntjojo. (n.d.).Metakognisi dan keberhasilan belajar peserta didiksincerity. Diambil darihttps://ebekunt.wordpress.com/2009/04/12/metakognisi-dan-keberhasilan-belajar-peserta-didik/

Kuzle, A. (2006). International electronic journal of mathematics education.International Electronic Journal of Mathematics Education(Vol. 8). Gokkusagi Ltd. Sti. Diambil darihttps://www.iejme.com/article/patterns-of-metacognitive-behavior-during-mathematics-problem-solving-in-a-dynamic-geometry

LW, A., DR, K., PW, A., KA, C., Mayer, R., PR, P., ... MC, W. (2001).A taxonomy for learning, teaching, and assessing: a revision of bloom’s taxonomy of educational objectives

Magiera, M., & Zawojewski, J. (2011). The social-and self-based contexts associated with students’ awareness, evaluation and regulation of their thinking during small-group mathematical modeling.Journal for Research in Mathematics Education(Vol. 42).https://doi.org/10.5951/jresematheduc.42.5.0486

Mariam, A. M., & Idrus, N. M. (2013). Metacognitive strategies in quadratic equation word problem. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematik Malaysia, 3(2), 1–12

Matlin, M. W. (1998). Cognition. Harcourt Brace College Publishers

Mokos, E., & Kafoussi, S. (2013). Elementary students’ spontaneous metacognitive functions in different types of mathematical problems.Journal of Research in Mathematics Education REDIMAT -Journal ofResearch in Mathematics Education, 2(2), 242–267. https://doi.org/10.4471/redimat.2013.29

Ozsoy, G., & Ataman, A. (2017). International electronic journal of elementary education. International Electronic Journal of Elementary Education, 1(2), 67–82. Diambil darihttps://www.iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/278

Panaoura, R., Gagatsis, A.,& Demetriou, A. (2009). An intervention to the metacognitive performance: Self-regulation in mathematics and mathematical modeling. Acta Didactica Universitatis Comenianae Mathematics, 9, pp: 63–79

Purnomo, D. (2017). Karakterisasi Proses Metakognisi Mahasiswa Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Matematis. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 0(0). Diambil darihttp://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/56540

Purnomo, D. (2018).Pola dan perubahan metakognisi dalam pemecahan masalah matematis. Malang: Media Nusa Creative Publishing Co.

Purnomo, D., Nusantara, T., Subanji, & Rahardjo, S. (2016). The Characterization Of Mathematics Students ’ Metacognition Process In Solving Mathematical Problems. In Proceeding of 3Rd International Conference on Research(Vol. 16, pp. 16–17).

Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to think mathematically: problem solving, metacognition, and sense making in mathematics (reprint). Journal of Education, 196(2), 1–38.https://doi.org/10.1177/002205741619600202

Sengul, S., & Katranci, Y. (2012). Metacognitive aspects of solving function problems.Procedia -Social And Behavioral Sciences, 46, 2178–2182. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2012.05.450

Veenman, M. V. J., Wilhelm, P., & Beishuizen, J. J. (2004). The relation between intellectual and metacognitive skills from a developmental perspective. Learning and Instruction,14(1), 89–109. https://doi.org/10.1016/J.LEARNINSTRUC.2003.10.004

Wilson, J. (1997). Beyond the basics: assessing students’ metacognition. Diambil darihttps://files.eric.ed.gov/fulltext/ED415244.pdf

Wilson, J., & Clarke, D. (2002). Monitoring Mathematical Metacognition. Los Angeles. Diambil darihttps://files.eric.ed.gov/fulltext/ED465519.pdf

Wilson, J., & Clarke, D. (2004).Towards themodelling of mathematical metacognition.Mathematics Education Research Journal, 16(2), 25–48. https://doi.org/10.1007/BF03217394

Wong, K. Y. (2007). Metacognitive awareness of problem solving among primary and secondary school students. In Proceedings of the Redesigning Pedagogy: Culture, Knowledge and Understanding Conference, Singapore, May 2007(Vol. 5, pp. 1–11). Diambil darihttp://repository.nie.edu.sg/jspui/handle/10497/233

Zechmeister, E. B., & Nyberg, S. E. (1982). Human memory, an introduction to research and theory. Brooks/Cole. M/Human_memory_an_introduction_to_research_and_theory.

Additional Files

Published

2019-04-01

How to Cite

Purnomo, D. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MELALUI AKTIVITAS METAKOGNISI MATEMATIS. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 40–53. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2939

Issue

Section

Articles