EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING (E-LEARNING) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS V SDI Al-HUSNA
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v4i2.5637Keywords:
pembelajaran matematika, e-learning, kepercayaan diriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika berbasis daring (e-learning) terhadap kepercayaan diri siswa di SDI Al-Husna. Pada masa kini, proses pembelajaran dengan menggunakan E-learning dapat bersifat interaktif sehingga siswa mampu berinteraksi dengan teknologi sebagai media belajarnya. Dikarenakan banyaknya pengaruh luar yang tidak diawasi oleh guru sehingga ketidakfokusan siswa berkurang terhadap materi yang disampaikan, akibatnya siswa tidak menyimak dengan baik, siswa tersebut tertinggal dan enggan untuk bertanya kembali, sehingga rasa kepercayaan diri siswa berkurang, baik untuk bertanya maupun berpendapat. Kurangnya kepercayaan diri siswa terhadap dirinya sendiri dapat berpengaruh terhadap pola berpikirnya, sehingga sering menutup diri. Masalah kepercayaan diri pada individu menjadi prioritas yang harus dibangun untuk mengefektifkan pembelajaran berbasis e-learning. Metode pengumpulan data yang diambil adalah dengan memberikan angket kepada siswa.
Downloads
References
Subekti, I., Sukestiyarno, Y. L., & Waluya, S. B. (2012). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis E-learning dalam Kerangka Laboratorium Teenzania Materi Trigonometri Kelas X. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 1(2).
Ayus, A. D., Gusniwati, G., & Buhaerah, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Daring (E-Learning) Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 31-36.
Sari, J., & Hayati, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Pada Materi Kubus Dan Balok. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 14-25.
Hakim, L., & Khusniya, I. L. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Universitas Islam Negeri Mataram: Jurnal Tatsqif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal