Kompetensi Strategis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v6i2.8242Keywords:
Kompetensi strategis, Masalah matematika, Jenis kelaminAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi strategis siswa SMP peraih medali olimpiade matematika internasional dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya pada topik aljabar. Kompetensi strategis merupakan kemampuan siswa dalam merumuskan, merepresentasikan, dan menyelesaikan masalah. Subjek penelitian adalah satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan SMP sederajat yang pernah mendapatkan medali olimiade matematika di tingkat internasional baik medali emas, perak, maupun perunggu dalam 2 tahun terakhir. Pengumpulan data dilakukan melalui tugas pemecahan masalah, wawancara, observasi dan dokumentasi. Indikator yang dinilai mencakup merumuskan, merepresentasikan dan memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap merumuskan masalah, kedua subjek membaca dan membayangkan situasi dan kondisi dari permasalahan yang ada, subjek laki-laki tidak menuliskan pada lembar jawaban tentang informasi apa saja yang diketahui di soal, sedangkan subjek perempuan menuliskan dengan lengkap informasi yang diketahui di soal. Pada tahap merepresentasikan, subjek laki-laki menuliskan dalam bentuk simbol atau sketsa matematis sedangkan subjek perempuan menuliskan semua kemungkinan bentuk aljabar yang memenuhi. Pada tahap memecahkan masalah, subjek laki-laki cenderung menggunakan cara yang lebih singkat dan efektif, sedangkan subjek perempuan bekerja lebih runtut dan rinci yaitu mendaftar semua kemungkikan biaya yang harus dikeluarkan, kedua subjek mendapatkan jawaban yang sama dan benar.
Downloads
References
Kilpatrick, S. & Findell. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Nugraheni Z, Budiyono and Slamet I. (2017). AIP Conf. Proceed. 1913 020029.
Pierce, S. (2019). The Role of Gender and Learning Modality in Mathematical Problem Solving. Metamorphosis, 1-17. Dipetik 72,2021, dari https://metamorphosis.coplac.org/index.php/metamorphosis/article/view/246.
Sabilah, I., Siswono, T. Y., & Masriyah. (2018). Student’s Strategic Competence toward Open-Ended Problems Before and After the Transition to Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1-7.
Schleicher, A. (2018). PISA 2018: Insight and Interpretations. German: OECD.
Syukriani, A., Juniati, D., & Siswono, T. Y. (2017). Investigating Adaptive Reasoning and Strategic Competence: Difference Male and Female. AIP Conference Proceedings, 17. doi:https://doi.org/10.1063/1.4994436.
Syukriani, Andi. (2018). Profil Penalaran Adaptif dan Kompetensi Strategis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif dan Gender. Disertation. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Zahra, N., Budiyono & Slamet, Isnandar. (2017). Geometry Strategic Competence of junior High School Students based on Sex Differenceâ€. AIP Conference Proceedings, https://doi.org/10.1063/1.501666
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal