Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Braille Berbasis Masalah Dengan Bantuan Audio Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Tunanetra
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v6i2.8363Abstract
Penelitian pengembangan ini berupaya untuk menciptakan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif dengan dukungan audio dalam rangka meningkatkan kemandirian belajar siswa tunanetra. Dalam penelitian ini, empat fase penelitian pengembangan 4D (Four-D Model) diterapkan pada proses pengembangan. Investigasi ini dilakukan di fasilitas SMPLB YPAB Surabaya. Partisipan penelitian adalah siswa kelas VII dengan kategori buta total. Penelitian ini menghasilkan informasi kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini mencakup data kualitatif proses pengembangan, saran penyempurnaan LKS matematika Braille berbasis masalah dengan dukungan audio, dan kemandirian belajar siswa tunanetra. Data penelitian kuantitatif ini mengkaji validitas, kegunaan, dan kemanjuran LKS matematika yang dirancang untuk siswa tunanetra. Penelitian ini menghasilkan LKS dengan tingkat validitas sebesar 85,71 persen dengan kategori sangat valid dan tingkat kepraktisan sebesar 88,39 persen dengan kategori sangat praktis. Kemanjuran LKS ditentukan melalui angket respon siswa tunanetra, yang menunjukkan rata-rata 89,58 persen siswa tunanetra menilai LKS sangat baik. Telah dibuktikan bahwa pembelajaran berbasis lembar kerja jauh lebih efektif dibandingkan pembelajaran tradisional dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa tunanetra, dengan rata-rata N-gain sebesar 75,10%, yang merupakan nilai yang tinggi.
Downloads
References
Arnilawati, A., Armiati, A., & Musdi, E. (2018). Students’ worksheet validity based on contextual teaching and learning in junior high school. August 2016, 496–500. https://doi.org/10.29210/2018172
Beal, C. R., & Shaw, E. (2008). Working memory and math problem solving by blind middle and high school students: Implications for universal access. International Conference of the Society for Information Technology and Teacher Education, March.
Bell, E. C., & Silverman, A. M. (2019). Access to Math and Science Content for Youth Who Are Blind or Visually Impaired. Journal of Blindness Innovation and Research, 9(1). https://doi.org/10.5241/9-152
Daroni, G. A., Gunarhadi, G., & Legowo, E. (2018). Assistive Technology in Mathematics Learning for Visually Impaired Students. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 1. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2406
Febriana, K. A. (2013). Metode Guru dalam Mengajarkan Komunikasi pada Siswa Tunanetra. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(3), 223–240. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/3803
Firdaus, F. M., Pratiwi, N. A., Riyani, S., & Utomo, J. (2021). Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sekolah dasar menggunakan Model SOLE saat pandemi Covid-19. Foundasia, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.37786
Gravemeijer, K., & Doorman, M. (1999). Context problems in realistic mathematics education: A calculus course as an example. Educational Studies in Mathematics, 39(1–3), 111–129. https://doi.org/10.1023/a:1003749919816
Hafida, S. H. N., Santoso, Sutama, Nurhidayat, Dalman, Hesti, & Kusumaningtyas, D. A. (2021). Improving the Quality of Mathematics Learning Based on Society’s Potency in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1720(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012006
Hoogland, K., Pepin, B., Bakker, A., de Koning, J., & Gravemeijer, K. (2016). Representing contextual mathematical problems in descriptive or depictive form: Design of an instrument and validation of its uses. Studies in Educational Evaluation, 50, 22–32. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2016.06.005
Indriani, R., Ummah, U. S., & Sihkabuden, S. (2019). Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Pemahaman Bangun Geometri Tunanetra. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 33–38. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p033
Karshmer, A. I., & Farsi, D. D. (2007). Access to mathematics by blind students a global problem. WMSCI 2007 - The 11th World Multi-Conference on Systemics, Cybernetics and Informatics, Jointly with the 13th International Conference on Information Systems Analysis and Synthesis, ISAS 2007 - Proc., 3, 96–100.
Kızılaslan, A., & Zorluoğlu, S. L. (2019). Contribution of Activities Developed for Visually Impaired Students to Scientific Process Skills (pp. 1309–7202).
Kohanov, I. (2013). Technologies and Tools in Teaching. 1–10.
Kurniasih, N., Astuti, E. P., & Kurniawan, H. (2016). Pengembangan Puzzegi ( Puzzle Segi Empat ) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa Tunanetra. Jurnal FKIP UNS : Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 57–66.
Laksana, S. D. (2017). Improving the Quality of Learning Mathematics Through Innovative Learning Media. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 50 (20), 79–85. https://doi.org/10.1177/026142948300100217
Lee, S., Reddie, M., & Carroll, J. M. (2021). Designing for Independence for People with Visual Impairments. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 5(CSCW1), 1–19. https://doi.org/10.1145/3449223
Lestari, W. D., & Nurafifah, L. (2021). Perkuliahan Hybrid Berbasis Self-Regulated Learning Strategies untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2549–2560.
Nurhidayah, Ninawati, M., & Soro, S. (2020). the Influence of Worksheet Implementation Towards Students Mathematics Learning Outcomes. Indonesian Journal of Elementary Teachers Education, 1(1), 49–56. https://doi.org/10.25134/ijete.v1i1.2874
Ommundsen, P. (2013). Problem-Based Learning. In Inspiring Students: Case Studies on Teaching Required Courses. Taylor and Francis, 25–32. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315042169-9
Pratama, A. R., Saputro, D. R. S., & Riyadi, R. (2018). Problem solving of student with visual impairment related to mathematical literacy problem. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012068
Putra, A., & Rahmawati, Y. (2022). DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MATHEMATICS. 2(1), 42–53. https://doi.org/10.56773/bj.v2i1.27
Rachmaningtyas, N. A. (2018). Profil cara belajar matematika anak berkebutuhan khusus (abk) tunanetra dalam pembelajaran matematika kelas x di sma negeri 1 bambanglipuro kabupaten bantul. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, “Integrasi Budaya, Psikologi, Dan Teknologi Dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika Dan Pembelajarannya, 480–485.
Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081. https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3).
Sumarmo, U. (2002). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada Peserta Didik Oleh: Utari Sumarmo, FPMIPA UPI. Academia.Edu, 1983, 1–9.
Thiagarajan, Semmel, & Semmel. (1974). Thiagarajan, Sivasailam; And Others Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in. Research and Development, Mc, 137–159.
Triyanto, & Rudiyanti, S. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Aksara Jawa “Dinta Swara†dalam Huruf Braille untuk Siswa Tunanetra. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(2), 1–14.
Utomo, & Muniroh, N. (2019). Pendidikan Anak dengan Hambatan Penglihatan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Wahidah, N., Hasanuddin, H., & Hartono, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 79. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4775
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal