Analisis Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Mengkonstruksi Alat Peraga Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v6i2.8374Keywords:
Berpikir Kritis, Alat Peraga, Gaya KognitifAbstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis proses berpikir kritis mahasiswa bergaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) dalam mengkonstruksi alat peraga pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian 1 mahasiswa bergaya kognitif FD dan 1 mahasiswa bergaya kognitif FI prodi pendidikan matematika STKIP PGRI Jombang. Peneliti sebagai instrumen utama dan lembar observasi, pedoman wawancara serta alat perekam sebagai instrumen pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Kredibilitas data dengan triangulasi waktu dan dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkakn bahwa: (1) Subjek bergaya kognitif FD dalam mengkonstruk alat peraga dimulai dengan membuat ide/gagasan, menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan, menentukan bahan/alat yang digunakan, melaksanakan pembuatan alat peraga dan melaksanakan implementasi. (2) Subjek FI dalam mengkonstruk alat peraga dimulai dengan membuat ide/gagasan, menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan, membuat sketsa, menentukan bahan/alat yang digunakan, melaksanakan pembuatan alat peraga, melakukan ujicoba/membuat miniatur dan melaksanakan implementasi.
Downloads
References
Afriansyah, E. A., Herman, T., Turmudi, T., & Dahlan, J. A. (2020). Mendesain Soal Berbasis Masalah Untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Calon Guru. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 239–250. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.649
Aini, K. N. (2017). Proses Berpikir Mahasiswa Laki-laki dan Perempuan Dengan Gaya Kognitif Field Dependent Dalam Memecahkan Masalah. INSPIRAMATIKA: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3 (1), 16–23. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v3i1.166
Alifah, N., & Aripin, U. (2018). Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematik Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (4), 505–512. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p505-512
Ariawan, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif (Studi Kasus Pada Mata Kuliah Persamaan Differensial). Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1410–1426. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.652
Farihah, U. (2021). Media Pembelajaran Matematika (Pertama). Lintas Nalar.
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9 (1), 11–20. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221
Hasan, B. (2020). Proses Kognitif Siswa Field Independent dan Field Dependent Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3 (4), 323–332. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.323-332
Herlina, S., & Dahlia, A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Calon Guru Ditinjau Dari Cognitif Style Berdasarkan Field Independent dan Field Dependent Di Universitas Islam Riau. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 8(1), 35–48. https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11118
Kho, R., & Tyas, D. K. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika Bagi Guru-guru SD YPK Yoka Baru Waena Kota Jayapura. 4(2), 97–100. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1072
Khotimah, S. H., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108
Nugraha, D. A., & Somatanaya, A. G. (2018). Workshop Pelatihan Perancangan dan Aplikasi Alat Peraga Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4 (2), 186–191.
Sagita, M., & Kania, N. (2019). Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan I, 1, 570–576.
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif (Edisi 1). Deepublish.
Syafiti, W. U., Budayasa, I. K., & Masriyah, M. (2022). Proses Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3704–3711. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2793
Wakit, A., & Hidayati, N. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Teknik Sipil Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Kreano : Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 101–109. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.21047
Wulan, E. R. (2019). Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya Dari Siswa SMP. Factor M, 1 (2), 123–142. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i2.1503
Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran (Edisi 1). Erzatama Karya abadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal