Analisis Pemahaman Konseptual Siswa SMP Materi Himpunan
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v7i1.9484Keywords:
Conceptual understandingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual siswa materi himpunan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B MTsN 1 Jombang tahun pelajaran 2023-2024. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konseptual dan pedoman wawancara yang divalidasi oleh validator ahli. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil tes dan wawancara dianalisis dengan mengacu pada indicator pemahaman konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek menyatakan ulang suatu konsep yang berkaitan dengan himpunan menggunakan bahasanya sendiri. Subjek mengubah suatu konsep matematis himpunan ke dalam bentuk lain dengan tidak mengubah makna dari konsep yang ada, hampir sempurna namun siswa tidak memberikan keterangan nama himpunan. Subjek kurang sempurna dalam menjelaskan perbedaan dan persamaan antar konsep matematik pada himpunan beserta alasannya, siswa hanya menuliskan himpunannya saja tanpa memberikan keterangan alasan dari contoh himpunan dan bukan himpunan yang dituliskan. Subjek kurang sempurna dalam mengelompokkan objek-objek berdasarkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep himpunan. Subjek hanya menuliskan opsi dari jawabannya saja tanpa menuliskan nama beserta anggota himpunannya dan siswa belum memahami konsep dari himpunan yang mempunyai anggota nol. Subjek menerapkan konsep himpunan dalam pemecahan masalah, namun belum optimal.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Maf’ulah, S., & Juniati, D. (2019). Students’ Strategies to Solve Reversible Problems of Function: The Part of Reversible Thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012051.
Maf’ulah, S., & Juniati, D. (2020). The effect of learning with reversible problem-solving approach on prospective-math-teacher students’ reversible thinking. International Journal of Instruction, 13(2), 329–342. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13223a.
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif. Kalimantan Barat: Deepublish.
Milla, M. L., Patricia, F. A., & Sari, R. K. (2018). Analisis Kesulitan Berpikir Visual dalam Memahami Konsep pada Materi Himpunan. PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 1(1), 64–68. https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i1.305
Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
NCTM. (2014). Principles to Actions: Ensuring Mathematical Success for All. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Nugraheni, E. A., dan Sugiman, S. (2013). Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Pythagoras - Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 8(1), pp: 101–8.
Pranajaya, D., Nurhayati, N., & Prihatingtyas, N. C. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 8 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 86. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2147
Raihanah, A., Putri, O. R. U., & Effendi, M. M. (2020). Literasi Digital dan Pemahaman Konsep Himpunan Siswa SMP Menggunakan Media Pembelajaran GUI Matlab. Jurnal Elemen, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1309
Sarumaha, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Himpunan Di Smp N 3 Dharma Caraka Telukdalam T.P 2021/2022. Jurnal Education and Development, 11(2), 342–347. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4812
Subagyo, J. (2011). Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:CV. Alfabeta.
Yunita, M. R., & Imami, A. I. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Materi Himpunan. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1595–1606. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1595-1606
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal