Penerapan Model Problem Based Learning pada Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Peluang
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v7i1.9598Keywords:
Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, PeluangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM) peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X.1 SMA Negeri 1 Pekanbaru semester genap tahun pelajaran 2022/2023, yang berjumlah 36 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari modul ajar berbasis kurikulum merdeka dan instrumen pengumpul data. Modul ajar memuat informasi umum, komponen inti, dan komponen lampiran. Instrumen pengumpul data terdiri dari lembar pengamatan dan tes KPMM. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif naratif dan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Problem Based Learning berhasil memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan KPMM peserta didik. Rata-rata nilai KPMM peserta didik pada siklus I sebesar 77,04 meningkat menjadi 91,48 pada siklus II. Penerapan model Problem Based Learning dalam penelitian ini dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan KPMM peserta didik kelas X.1 SMA Negeri 1 Pekanbaru pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023.
Downloads
References
Amelia, Risma., Fitriani, Nelly., & Setiana, Nadia Putri. (2021). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswaâ€. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 no. 4: 905.
Anggraini, Rini Dian., & Andesma, Tia. (2019). “Penerapan PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaruâ€. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 2 no. 1: 13.
Anwar, Saiful. (2013). Penggunaan Langkah Pemecahan Masalah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan di Kelas VI MI Al-Ibrohimy Galis Bangkalan. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1):1 – 5. FMIPA Universita Negeri Surabaya.
Choiri, Mohammad Miftachul., & Sidiq, Umar. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, 79. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Fitriani, Indah. (2018). “Peranan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPâ€. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2 no. 4: 845.
Gunur, Bedilius., Makur, Alberta Parinters., & Ramda, Apolonia Hendrice. (2018). “Hubungan Antara Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Pedesaanâ€. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6 no. 2: 149.
Hidayatati, Elvi. (2022). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematikaâ€. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 2 no. 1: 34.
Kartini., & Angela, Fitri. (2021). “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Peluang Empirik dan Teoretik pada Siswa Kelas VIII SMP di Kabupaten Siakâ€. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10 no.1: 24.
Kemendikbudristek. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala BSKAP Nomor 033/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka, 133.
Mawaddah, Siti., & Anisah, Hana. (2015). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMPâ€. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 no. 2: 170.
Pandiangan, Lidia Wira H., & Surya, Edy. (2020). “Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Medanâ€. Inspiratif Jurnal Pendidikan Matematika, 6 no. 1: 1.
Purnama, Agus., & Suparman. (2020). “E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didikâ€. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6 no. 1: 132.
Setiyawati, Era. (2022). “Faktor Penyebab Kesalahan Pemecahan Masalah dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika Berdasarkan Metode Newmanâ€. Publikasi Ilmiah, 7. Progam Studi Srata II pada Jurusan Magister Pendidikan Dasar.
Silalahi, Frengki Candra Gunawa., Kartini., & Hutapea, Nahor Murani. (2021). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPâ€. Jurnal Pendidikan Matematika, 5 no. 1: 114.
Syahril, Ravina Faradilla., Maimunah., & Roza, Yenita. (2021). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajarâ€. Jurnal Pendidikan Matematika, 11 no. 3: 79-87.
Yuhani, Asfi., Zanthy, Luvy Sylviana., & Hendriana, Heris. (2018). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMPâ€. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 no. 3: 447.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal