Penerapan Model Problem Based Learning pada Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Peluang

Atikah Hermawindiana, Atma Murni, Yenita Roza

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM) peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X.1 SMA Negeri 1 Pekanbaru semester genap tahun pelajaran 2022/2023, yang berjumlah 36 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari modul ajar berbasis kurikulum merdeka dan instrumen pengumpul data. Modul ajar memuat informasi umum, komponen inti, dan komponen lampiran. Instrumen pengumpul data terdiri dari lembar pengamatan dan tes KPMM. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif naratif dan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Problem Based Learning berhasil memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan KPMM peserta didik. Rata-rata nilai KPMM peserta didik pada siklus I sebesar 77,04 meningkat menjadi 91,48 pada siklus II. Penerapan model Problem Based Learning dalam penelitian ini dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan KPMM peserta didik kelas X.1 SMA Negeri 1 Pekanbaru pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023.

References

Amelia, Risma., Fitriani, Nelly., & Setiana, Nadia Putri. (2021). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa”. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 no. 4: 905.

Anggraini, Rini Dian., & Andesma, Tia. (2019). “Penerapan PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru”. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 2 no. 1: 13.

Anwar, Saiful. (2013). Penggunaan Langkah Pemecahan Masalah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan di Kelas VI MI Al-Ibrohimy Galis Bangkalan. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1):1 – 5. FMIPA Universita Negeri Surabaya.

Choiri, Mohammad Miftachul., & Sidiq, Umar. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, 79. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Fitriani, Indah. (2018). “Peranan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2 no. 4: 845.

Gunur, Bedilius., Makur, Alberta Parinters., & Ramda, Apolonia Hendrice. (2018). “Hubungan Antara Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Pedesaan”. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6 no. 2: 149.

Hidayatati, Elvi. (2022). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 2 no. 1: 34.

Kartini., & Angela, Fitri. (2021). “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Peluang Empirik dan Teoretik pada Siswa Kelas VIII SMP di Kabupaten Siak”. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10 no.1: 24.

Kemendikbudristek. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala BSKAP Nomor 033/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka, 133.

Mawaddah, Siti., & Anisah, Hana. (2015). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP”. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 no. 2: 170.

Pandiangan, Lidia Wira H., & Surya, Edy. (2020). “Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Medan”. Inspiratif Jurnal Pendidikan Matematika, 6 no. 1: 1.

Purnama, Agus., & Suparman. (2020). “E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik”. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6 no. 1: 132.

Setiyawati, Era. (2022). “Faktor Penyebab Kesalahan Pemecahan Masalah dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika Berdasarkan Metode Newman”. Publikasi Ilmiah, 7. Progam Studi Srata II pada Jurusan Magister Pendidikan Dasar.

Silalahi, Frengki Candra Gunawa., Kartini., & Hutapea, Nahor Murani. (2021). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP”. Jurnal Pendidikan Matematika, 5 no. 1: 114.

Syahril, Ravina Faradilla., Maimunah., & Roza, Yenita. (2021). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar”. Jurnal Pendidikan Matematika, 11 no. 3: 79-87.

Yuhani, Asfi., Zanthy, Luvy Sylviana., & Hendriana, Heris. (2018). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP”. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 no. 3: 447.

Authors

Atikah Hermawindiana
atikah.hermawindiana0963@student.unri.ac.id (Primary Contact)
Atma Murni
Yenita Roza
Hermawindiana, A., Murni, A., & Roza, Y. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning pada Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Peluang. Pi: Mathematics Education Journal, 7(1), 12–21. https://doi.org/10.21067/pmej.v7i1.9598

Article Details