Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Aljabar (Papinal) Bebasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV)

Authors

  • Nadiyah Ela Kusuma Wardani Universitas Insan Budi Utomo Malang
  • Kenys Fadhilah Zamzam a:1:{s:5:"en_US";s:35:"Universitas Insan Budi Utomo Malang";}

DOI:

https://doi.org/10.21067/pmej.v7i1.9841

Keywords:

Papan Pintar Aljabar, PjBL, PLSV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Papan Pintar Aljabar (Papinal) berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi persamaan linear satu variabel (PLSV). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery, Evaluations). Subjek pada penelitian ini adalah 20 siswi kelas VII MTs. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi yang terdiri dari ahli media, ahli materi, dan uji keefektifan pada angket siswa. Hasil penelitian ini (1) Media Papinal dinyatakan valid dari segi media dengan rata-rata persentase 95%, (2) Media Papinal valid dari segi materi dengan rata-rata persentase 82,5%, dan (3) Media Papinal sangat efektif digunakan dari hasil angket pendapat siswa dengan rata-rata persentase 81,7%. Berdasarkan angket siswa menunjukkan bahwa siswa antusias terhadap media yang diberikan dan pemahaman siswa terhadap materi persamaan linear satu variabel meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, N., dkk. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1), 52–63.

Ariansyah, A., dkk. (2021). Mengatasi Hambatan Belajar Dalam Materi PLSV Menggunakan Desain Didaktis Dengan Scaffolding. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 147–159. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/ja.v2i2.42869

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225–233. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989

Fais, M. Z., dkk. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26–38. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17097

Farida, C., dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 17–28.

Harsono, D. N., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Permainan Domat Card pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. MAJU, 5(1), 1–13.

Hutapea, J. dan Simanjuntak, M. P. (2017). Pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa SMA. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(1), 475–479.

Kamelia, S., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif-Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 385–392. https://doi.org/https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.9454

Komarudin, D. (2020). No Title. DIDAKTIKA TAUHIDI, 7(1), 43–53. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.1898

Langka, F. R., & Setyadi, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran papan pintar aljabar untuk materi persamaan linear satu variabel. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 335–347.

Lestari, A., & Sudihartinih, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berjudul Game Learn with Adventure Menggunakan Scratch. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 127–144. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v12i2.5451

Marasabesi, A., dkk. (2022). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Saintifik@ Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 22–28. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i1.4997

Maulida, N. A., dkk. (2022). Pengembangan Alat Peraga Papan Aljabar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(2), 70–78. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1326

Nasution, dkk. (2021). Pre Service Teachers’ Perception On The Implementation Of Project Based Learning In Mathematic Class. Infinity Journal of Mathematics Education, 10(109–120). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v10i1

Nugraha, C., dkk. (2023). Belajar Matematika Menyenangkan Berbasis Media Pembelajaran Timbangan Persamaan Linier Satu Variabel pada Siswa MTs Pesantren Bustanul Arifin. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 130–138. https://doi.org/https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2133

Rosmawanti, R., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Alat Peraga Kupat Isabel pada Sistem Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 154–165. https://doi.org/https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11747

Saragih, S. A., dkk. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Literasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipispis T.A 2022/2023. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8644–8660. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1423

Sarumaha, Y. A., dkk. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.31597/ja.v10i1.1043

Silmi, S. A. (2022). Pembelajaran Daring Materi PLSV Siswa Kelas VII Di MTs Ibnu Sina Soreang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 139–148. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1

Suciati, I. (2018). Penggunaan Media Kartu Metode Piramida pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 27–40.

Yulistina, D., & Arianti, B. (2019). E-Katalog Sebagai Sistem Informasi Pemasaran Kopi Sapit Berbasis Web. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 45–52. https://doi.org/httpst://doi.org/10.29408/edumatic.v3i2.1766

Zamzam, K., Sa’dijah, C.,Subanji, & Rahardi, R. (2023). The Creative Thinking Process of Prospective Teachers in Developing Assignments. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(1), 101–108. https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i1.5793

Zamzam, K. F., & Wijayanti, R. (2022). Karakteristik Tingkat Kreativitas MAahasiswa Calon Guru Dalam Memodifikasi Tugas Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 119–129.

Zulkarnain, I., & Rahmawati, A. (2016). Model Pembelajaran Generatif untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 8–14. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.582

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Nadiyah Ela Kusuma Wardani, & Fadhilah Zamzam, K. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Aljabar (Papinal) Bebasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) . Pi: Mathematics Education Journal, 7(1), 40–48. https://doi.org/10.21067/pmej.v7i1.9841

Issue

Section

Articles