RANCANG BANGUN SISTEM PREDIKSI CUACA PENDUKUNG PROSES TANAM KABUPATEN MALANG MENGGUNAKAN WATERFALL

Rio Bagus Rinanto, Wiji Setiyaningsih

Abstract

Sistem prediksi cuaca ini dibangun demi membantu petani di Kabupaten Malang agar dapat meminimalisir kegagalan panen dari kurangnya informasi tentang curah hujan mendatang. Pengembangan difokuskan dengan model waterfall sebagai acuan. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada 3 sampel kelompok tani yaitu kelompok tani sampurna dan kelompok tani makmur dari Desa Sawahan Turen, serta kelompok tani Karya Makmur 2 dari Desa Druju Sumbermanjing Wetan. Karenanya dibuatlah rancang bangun sistem prediksi cuaca untuk mendukung proses tanam kabupaten Malang menggunakan model waterfall untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sehingga proses tanam yang dilakukan petani kabupaten Malang bias lebih efektif sesuai dengan informasi yang diberikan oleh sistem yang dibuat. Untuk pengujian dari sistem yang dibuat menggunakan pengujian black box dan user acceptance test. Dari pengujian black box diketahui seluruh fungsi yang dibuat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Sedangkan untuk pengujian user acceptance test diketahui 91.8% responden yang dilakukan pengujian menyatakan sistem yang dibuat menyediakan informasi yang diinginkan.

References

[1] Susanto, R., Andriana, A.D. (2016). Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Majalah Ilmiah UNIKOM. 41-46.
[2] Mustaqbal, M., dkk. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan Smnptn). JITTER, 1 (3). 31-36.
[3] Bahrianto, R., (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Terintegrasi Tpq Sekota Batu ( Studi Kasus Ppg Kota Batu ). Skripsi. Malang : Universitan Muhammadiyah Malang.
[4] Supriatin, Wiraatmadja, B.S., Luthfi, E.T., (2014). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima BLSM Di Kabupaten Indramayu. CITEC. 282-295.

Authors

Rio Bagus Rinanto
einsteinrio77@gmail.com (Primary Contact)
Wiji Setiyaningsih
Rinanto, R. B., & Setiyaningsih, W. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM PREDIKSI CUACA PENDUKUNG PROSES TANAM KABUPATEN MALANG MENGGUNAKAN WATERFALL. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i1.4170

Article Details