RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN LAPTOP BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL
Abstract
Sistem penjualan di toko Flobamora Computer masih menerapkan sistem penjualan langsung, dimana sistem penjualan, promosi dan informasi produk akan di dapatkan konsumen hanya pada saat mendatangi toko secara langsung. Jangkauan promosi toko flobamora computer sangat terbatas dikarenakan promosinya masih menggunakan iklan cetak dan brosur. Aktifitas Administratif penjualan dan pencatatan stock barang pada Toko Flobamora masih dengan cara mencatat pada sebuah buku besar. Dampak dari permasalahan tersebut adalah banyaknya terjadi kehilangan data stok, data penjualan sehingga untuk membuat laporan penjualan harus melakukan pencatatan ulang untuk mengembalikan data stok dan data penjualan. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis berinisiatif membuat sebuah rancangan sistem penjualan dengan tujuan untuk mengefektifkan administratif penjualan hingga pembuatan laporan bulanan pada toko flobamora Computer serta untuk meningkatkan promosi produk dari toko flobamora ke jangkauan yang lebih luas. Dengan adanya sistem informasi penjualan ini diharapkan dapat membantu memecahkan masalah administratif penjualan pada toko flobamora dalam hal pencatatan stock, data penjualan dan pembuatan laporan penjualan dan memmbantu pemasaran dan promosi toko flobamora computer ke jangkauan yang lebih luas yakni dengan pemasaran dan promosi secara online.
Kata kunci : Penjualan online, Administratif Penjualan, Pencatatan Stock
References
Lailliya, Nisfatul. 2020. “Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia.†Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 2 (2Gultom, S. B. and Sari, D. (2019) ‘Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Brand Image E-Commerce Shopee The Ifluenced Of Blackpink as Brand Ambassador Toward Brand Image at E-Commerce Platform Shopee’, Universitas Telkom, 6(2).): 113–26.
Nurfadilah, Putri Syifa. 2018. McKinsey: Tahun 2022, Pasar E-Commerce Indonesia Capai Rp 955 Triliun: diakses melalui https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/03/093900726/mckinsey--tahun-2022-pasar-e-commerce-indonesia-capai-rp-955-triliun. 03 September 2018.
Shalahuddin M. Rosa A.S, 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorentasi Objek.
Susilo, Muhammad. 2018. Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan) 2 (2). Universitas Islam Sumatera Utara: 98–105. doi:10.30743/infotekjar.v2i2.171.
Authors
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi