IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR

Odilla Fransiska Manehat, Akhmad Jufriadi, Hestiningtyas Yuli Pratiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA salah satu SMAK di kota Malang dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 63.87% berada pada kategori cukup baik dan pada siklus II adalah 86.19% berada pada kategori baik. Sedangkan untuk presentase motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 75.31% berada pada kategori baik dan pada siklus II adalah 89.37% berada pada kategori baik. Dan presentase prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 69.69% dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 87.87% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind mapping dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa XI MIPA 1 SMAK Frateran Malang.

References

Ali, M. 2008. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo Bandung.
Amri, S. & Ahmadi, I.K. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Amelia, Y.R. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 16 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Anderson, L,W. & Krathwhol, D,R., 2001. A Taxsonomy For Learning And Assessing: A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Education Objectives. New York: Addision Wesley Longman, Inc.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CITRA.
Buzan. 2004, Memahami Peta Pikiran The Mind Map Book. Batam: Interaksa.
Dahar, R.W. 1986. Interaksi Belajar Mengajar IPA.Separtemen Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Terbuka.
Dewi, N.L. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 3, No. 1)
Dimyati & Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CITRA.
Hamzah, B.U,. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.
Imaduddin, M.C., & Utomo, U.H. 2012. Efektifitas metode mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada siswa kelas VIII. Humanitas, ix (1): 62-100
Jihat, A. & Haris, A. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Jogjakarta: Multi Pressindo
Kemendikbud, (2014), Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA kelas 7

Authors

Odilla Fransiska Manehat
odillaunik@gmail.com (Primary Contact)
Akhmad Jufriadi
Hestiningtyas Yuli Pratiwi
Fransiska Manehat, O., Jufriadi, A., & Yuli Pratiwi, H. (2020). IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 93–100. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.4716

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>